PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KREDITOR AKIBAT ADANYA PERUBAHAN HAK ATAS TANAH YANG DIBEBANI HAK TANGGUNGAN MELALUI PERJANJIAN PEMBERIAN JAMINAN DAN KUASA (LETTER OF UNDERTAKING) (Studi di PT. Bank Permata Tbk. Cabang Semarang)

Muhammad Rofiudin, Kurniawan (2015) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KREDITOR AKIBAT ADANYA PERUBAHAN HAK ATAS TANAH YANG DIBEBANI HAK TANGGUNGAN MELALUI PERJANJIAN PEMBERIAN JAMINAN DAN KUASA (LETTER OF UNDERTAKING) (Studi di PT. Bank Permata Tbk. Cabang Semarang). Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
44Kb

Abstract

Salah satu peristiwa yang dapat menghapuskan Hak Tanggungan adalah hapusnya hak atas tanah, yang dapat terjadi antara lain dari peristiwa pemasukan dalam perusahaan (inbreng). Upaya yang ditempuh Bank selaku kreditor untuk meminimalisir resiko kredit dengan adanya perubahan hak atas tanah antara lain dengan Perjanjian Pemberian Jaminan dan Kuasa (Letter of Undertaking), selanjutnya disebut PPJK. Masalah dalam penelitian ini antara lain : 1) Bagaimana perlindungan hukum terhadap kreditor pemegang Hak Tanggungan dengan adanya perubahan hak atas tanah yang dibebani Hak Tanggungan melalui PPJK?. 2) Apakah PPJK efektif / mampu dalam melindungi kreditor pemegang Hak Tanggungan dengan adanya perubahan hak atas tanah yang dibebani Hak Tanggungan?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis perlindungan hukum terhadap kreditor melalui PPJK dan untuk mengetahui dan menganalisis efektifitas PPJK dalam melindungi kreditor akibat adanya perubahan hak atas tanah yang dibebani Hak Tanggungan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Socio-legal, spesifikasi penelitian adalah deskriptif analitis, sumber dan jenis data menggunakan data primer, yaitu data yang diperoleh melalui wawancara dengan pihak terkait dan data sekunder yang diperoleh dari bahan kepustakaan, teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dengan validasi data menggunakan teknik Triangulasi. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil antara lain: 1). Perlindungan hukum terhadap kreditor pemegang Hak Tanggungan dengan adanya perubahan hak atas tanah melalui PPJK adalah berdasarkan pada asas kebebasan berkontrak dan juga asas pacta sunt servanda, dimana semua perjanjian yang dibuat secara sah berlaku sebagai undang-undang bagi mereka yang membuatnya. 2). PPJK kurang efektif dalam melindungi kreditor pemegang Hak Tanggungan dalam hal adanya perubahan hak atas tanah yang dibebani Hak Tanggungan karena PPJK belum diatur dalam suatu aturan perundang- undangan, kedudukan kreditor tetap sebagai kreditor konkuren. Saran yang dapat diberikan antara lain : 1). Pemegang Hak Tanggungan harus teliti dan berhati-hati dalam pemberian izin permohonan perubahan hak atas tanah yang sudah dibebani Hak Tanggungan. Hal ini mengingat dengan hapusnya hak atas tanah tersebut akan berakibat pula hapusnya Hak Tanggungan, dengan demikian akan dapat merugikan kepentingan kreditor. 2). Apabila kreditor setuju untuk menerima permohonan perubahan hak atas tanah dari debitor sebaiknya disertai dengan penandatanganan PPJK yang dibuat dengan akta notariil dan juga disertai penyerahan jaminan tambahan seperti jaminan kebendaan secara Fidusia, Gadai, maupun Hipotik

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Hak Tanggungan, Jaminan, Kuasa, Perlindungan Hukum
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:57233
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:13 Oct 2017 14:19
Last Modified:13 Oct 2017 14:19

Repository Staff Only: item control page