PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN CD INTERAKTIF DALAM KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN MURID SEKOLAH DASAR NEGERI 20 DAN SD N 09 PADANG

Nisja, Indriani and Yusandra, Titiek Fujita (2017) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN CD INTERAKTIF DALAM KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN MURID SEKOLAH DASAR NEGERI 20 DAN SD N 09 PADANG. In: "International Seminar “Language Maintenance and Shift” VII ISSN: 2540-8755, July 19 - 20, 2017, Hotel NEO Semarang.

[img]
Preview
PDF
2316Kb

Official URL: http://lamas.undip.ac.id

Abstract

Keterampilan menulis murid Sekolah Dasar belum mencapai hasil yang lebih baik, hal ini terbukti masih ada murid kesulitan untuk memulai menulis. Secara umum nilai pembelajaran bahasa Indonesia khususnya menulis karangan murid SD N 20 dan SD N 09 Padang masih banyak di bawah kriteria ketuntasan minimal. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya perhatian murid SD dalam belajar bahasa dan sastra Indonesia, khususnya pembelajaran menulis karangan. Rendahnya hasil belajar murid dalam menulis karangan disebabkan karena masih ada guru yang belum menggunakan media pada proses pembelajaran. Sedangkan untuk terciptanya suasana belajar yang menyenangkan dan untuk memperoleh hasil belajar yang baik dipelukan variasi dalam pelaksanaan pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu penggunaan media yang inovatif, dalam hal ini digunakan CD interaktif, untuk pembelajaran menulis karangan. Penggunaan media berbasis karakter tersedia dalam bentuk vidio yang terkumpul pada CD pembelajaran yang di dalamnya ada beberapa materi pembelajaran berbasis karakter lengkap dengan petunjuk pelaksanaannya. Hal ini diharapkan dapat membantu murid SD dalam mengembangkan dan menemukan ide untuk memulai menulis karangan.. Media tersebut ditraskripsikan ke dalam rancangan pembelajaran yang berisi metode, materi pembelajaran sampai kepada evaluasinya. Sehingga penggunaan media interaktif dapat memberikan perubahan pada hasil belajar.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords:Menulis, CD Interatif
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:57199
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:13 Oct 2017 10:21
Last Modified:08 Feb 2018 15:17

Repository Staff Only: item control page