Analisis Biaya dan Pendapatan Peternak Ayam Broiler Pola Kemitraan di Kecamatan Gunungpati dan Kecamatan Mijen Kota Semarang (The Analysis of Cost and Income Broiler Breeders Partnership Pattern in Gunungpati Subdistrict and Mijen Subdistrict of Semarang City)

MULYANINGSIH, Dwi Umi and PRASTIWI, Wahyu Dyah and SARENGAT, Warsono (2017) Analisis Biaya dan Pendapatan Peternak Ayam Broiler Pola Kemitraan di Kecamatan Gunungpati dan Kecamatan Mijen Kota Semarang (The Analysis of Cost and Income Broiler Breeders Partnership Pattern in Gunungpati Subdistrict and Mijen Subdistrict of Semarang City). Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
530Kb
[img]
Preview
PDF
82Kb
[img]
Preview
PDF
166Kb
[img]
Preview
PDF
163Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

219Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1100Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

2168Kb

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan biaya dan pendapatan yang diterima oleh peternak ayam broiler yang berada di Kota Semarang dan mengetahui perbedaan pendapatan peternak ayam pada masingmasing wilayah. Penelitian dilakukan pada bulan Januari – Februari 2015 di Kecamatan Gunung Pati dan Kecamatan Mijen. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Metode penentuan responden adalah metode sensus dimana semua anggota populasi diambil sebagai responden. Penentuan lokasi dilakukan dengan pertimbangan tertentu yaitu peternak di Kota Semarang yang tersebar di Kecamatan Gunung Pati dan Kecamatan Mijen. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi (pengamatan langsung pada obyek) dan wawancara berdasarkan kuisioner. Data dikelompokkan menjadi data primer dan data sekunder. Data yang telah terkumpul selanjutnya ditabulasi dan analisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Metode analisis data menggunakan uji beda t-test independent sample. Hasil penelitian dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Rata-rata biaya peternak ayam broiler di Kecamatan Gunungpati Rp 198.003.520,04 dan di Kecamatan Mijen Rp 183.488.974,87, 2) Rata-rata pendapatan peternak ayam broiler di Kecamatan Gunungpati Rp 14.422.095 dan di Kecamatan Mijen Rp 17.209.832, 3) tidak terdapat perbedaan biaya peternak antara Kecamatan Gunungpati dan Kecamatan Mijen dengan nilai signifikansi 0,627>0,05, 5) tidak terdapat perbedaan pendapatan antara peternak di Kecamatan Gunungpati dan Kecamatan Mijen dengan nilai signifikansi 0,653>0,005. Kesimpulan penelitian adalah jumlah peternak ayam broiler di Kecamatan gunungpati lebih banyak dibandingkan di Kecamatan Mijen, namun tidak terdapat perbedaan biaya, penerimaan dan pendapatan karena jumlah tenaga kerja yang tidak sebanding dengan jumlah populasi ternak yang menyebabkan peternak kurang mengefisiensikan biaya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:57160
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:12 Oct 2017 14:31
Last Modified:12 Oct 2017 14:31

Repository Staff Only: item control page