IMPLEMENTASI HAK PENGELOLAAN ATAS TANAH PT.PELABUHAN INDONESIA III (Persero) BIMA YANG PENGGUNAANNYA DISEWAKAN KEPADA PIHAK LAIN

Baiq Deviya , Wulandari (2015) IMPLEMENTASI HAK PENGELOLAAN ATAS TANAH PT.PELABUHAN INDONESIA III (Persero) BIMA YANG PENGGUNAANNYA DISEWAKAN KEPADA PIHAK LAIN. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
44Kb

Abstract

Penyerahan penggunaan sebagian atas tanah Hak Pengelolaan kepada pihak ketiga ini akan ditindaklanjuti dengan pemberian sesuatu hak atas tanah sebagaimana terdapat dalam Undang-Undang Pokok Agraria. Ketentuan Pasal 2 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 1977 juncto Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 1996, pemegang Hak Pengelolaan berhak untuk; menentukan hak atas tanah yang dapat diberikan kepada pihak ketiga, yaitu; antara lain, dengan Hak Guna Bangunan (HGB) atau Hak Pakai. Perjanjian sewa-menyewa menurut Kitab Undang-Undang Hukum Perdata pasal 1548, sewa menyewa ialah suatu perjanjian, dengan mana pihak yang satu mengikatkan dirinya untuk memberikan kepada pihak yang lainnya kenikmatan dari sesuatu barang, selama suatu waktu tertentu dan dengan pembayaran sesuatu harga, yang oleh pihak tersebut belakangan itu disanggupi pembayarannya. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui dan menganalisis apakah Hak Pengelolaan atas tanah dapat di sewakan kepada pihak lain dan Untuk mengetahui dan menganalisis konsep Hak Pengelolaan atas tanah sesuai dengan nilai kemanfaatan agar efektif dan efisien. Metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Socio legal research dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Jenis data yang dipergunakan adalah data Primer dan Sekunder. Teknik mengumpulkan data yang dipergunakan yaitu melalui studi dokumen atau bahan pustaka dan studi lapangan atau wawancara. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil: Pertama : hak pengelolaan atas tanah PT.Pelabuhan Indonesia III (Persero) Bima bisa disewakan kepada pihak lain dengan cara memanfaatkan tanah hak pengelolaan denga cara menyewakan tanah hak pengelolaan kepada pihak lain, Kedua, konsep hak pengelolaan atas tanah sesuai dengan nilai kemanfaatan yang efektif dan efesien, dengan cara memanfaatkan tanah hak pengelolaan yang dimiliki PT.Pelabuhan Indonesia III (Persero) Bima dengan cara menyewakan kepada masyarakat untuk menempati tanah hak pengelolaan agar tercapainya tujuan perusahaan yang efektif dan efesien.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Implementasi, Hak pengelolaan, Perjanjian sewa.
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:57125
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:12 Oct 2017 12:31
Last Modified:12 Oct 2017 12:31

Repository Staff Only: item control page