KORESPONDENSI FONEMIS BAHASA RUMPUN SUMATERA (Kajian Linguistik Historis Komparatif pada Bahasa Batak Toba, Minangkabau, Aceh dan Melayu Riau)

Setyowati, Eny and Putri , Nimas Permata (2017) KORESPONDENSI FONEMIS BAHASA RUMPUN SUMATERA (Kajian Linguistik Historis Komparatif pada Bahasa Batak Toba, Minangkabau, Aceh dan Melayu Riau). In: "International Seminar “Language Maintenance and Shift” VII ISSN: 2540-8755, July 19 - 20, 2017, Hotel NEO Semarang.

[img]
Preview
PDF
2306Kb

Official URL: http://lamas.undip.ac.id

Abstract

Bahasa Batak Toba, Minangkabau, Aceh dan Melayu Riau termasuk ke dalam rumpun Sumatra, keluarga Melayu Polinesia dan proto Austronesia, sehingga keempat bahasa tersebut memiliki kekerabatan yang cukup dekat. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya korespondensi fonemis yang terjadi secara teratur pada keempat bahasa tersebut sehingga diketahui kedekatan hubungan kekerabatanya. Hubungan kekerabatan Bahasa Batak Toba, Minangkabau, Aceh dan Melayu Riau dibuktikan berdasar pada 4 kriteria. 1) kemiripan identik, 2) kemiripan secara fonetis, 3) korespondensi fonetis dan 4) perbedaan satu fonem. Dengan menggunakan perangkat 200 gloss kosakata Swadesh yang diperbandingakan. Metode analisis yang digunakan adalah Leksikostatistik. Dilakukan rekurensi fonemis dengan mencatat korespondensi yang ditemukan dan memasukkannya di dalam perangkat. Selain adanya korespondensi fonemis, terdapat pula kata-kata kosong yang tidak diperhitungkan. Selanjutnya dilakukan rekonstruksi fonemis untuk merekonstruksi tiap fonem dalam pasangan kata yang diperbandingkan guna menelusuri bentuk fonem proto dan tingkat kekerabatannya. Berdasarkan 200 gloss kosakata Swadesh dapat dihasilkan 148 gloss yang memiliki korespondensi fonemis. Adapun korespondensi yang ditemukan melalui penelitian ini adalah /u/~/e/, /i/ ~/e/, /u/~/o/, /a/~/e/.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Korespondensi Fonemis, Rumpun Sumatra, Linguistk Historis Komparatif.
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:57102
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:12 Oct 2017 09:59
Last Modified:08 Feb 2018 14:07

Repository Staff Only: item control page