STRATEGI TINDAK TUTUR DAN IMPLEMENTASI PRINSIP KESANTUNAN HUMOR PADA MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA UNTUK MENJAGA KEBHINEKAAN MASYARAKAT MULTIKULTURAL DI NKRI

Rohmadi , Muhammad and Mujiyanto , Yant (2017) STRATEGI TINDAK TUTUR DAN IMPLEMENTASI PRINSIP KESANTUNAN HUMOR PADA MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA UNTUK MENJAGA KEBHINEKAAN MASYARAKAT MULTIKULTURAL DI NKRI. In: "International Seminar “Language Maintenance and Shift” VII ISSN: 2540-8755, July 19 - 20, 2017, Hotel NEO Semarang.

[img]
Preview
PDF
2286Kb

Official URL: http://lamas.undip.ac.id

Abstract

Media sosial merupakan media komunikasi baru yang sangat populer di Indonesia. Mayoritas masyarakat Indonesia menggunakan media sosial untuk menyampaikan ide secara langsung dan tidak langsung dengan tindak tuturyang beragam. Tujuan penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah strategi tindak tutur yang digunakan pada konteks humor di media sosial sebagai media untuk menjaga kebhinekaan masyarakat multikultural di NKRI? (2) bagaiamanakah implementasi prinsip kesantunan berbahasa pada konteks humor di media sosial untuk menjaga kebhinekaan masyarakat multikultural di NKRI? Dan (3) bagaimanakah fungsi strategi tutur dan kesopanan untuk membangun kebhinekaan masyarakat multikultural di NKRI? Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan pragmatik. Data diambil dari media sosial dan teknik analisis menggunakan teknik mengalir dari awal sampai akhir dan disimpulkan dengan teknik deduktif. Hasil dan pembahasan ditemukan sebagai berikut: (1) setrategi tindak tutur yang digunakan pada konteks humor di media sosial terdiri atas: tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi sebagai media untuk menjaga kebhinekaan masyarakat multikultural di NKRI. (2) implementasi prinsip kesantunan berbahasa pada konteks humor di media sosial terdiri atas tindak tutur tidak langsung sebagai media untuk menjaga kebhinekaan masyarakat multikultural di NKRI, dan (3) fungsi strategi tutur dan kesopanan terdiri atas fungsi meyakinkan, memotivasi, mendidik, menyatukan, dan menghibur secara kontekstual untuk membangun kebhinekaan masyarakat multikultural di NKRI. Dengan demikian setrategi tutur humor yang santun dalam berkomunikasi di media sosial dapat menjadi salah satu media untuk menjaga kebhinekaan masyarakat multicultural di NKRI.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: setrategi, tutur, kesopanan, pragmatik, dan media sosial.
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:57046
Deposited By:Mr Wahyu Setia Budi
Deposited On:11 Oct 2017 10:48
Last Modified:08 Feb 2018 11:40

Repository Staff Only: item control page