PROGRAM SERTIPIKASI MASSAL SWADAYA (SMS) AKSES MENUJU KESEJAHTERAAN BAGI MASYARAKAT DI DESA SIDOMUKTI KECAMATAN PLAOSAN KABUPATEN MAGETAN, PROVINSI JAWA TIMUR

Heri Purwanto, Purwanto (2014) PROGRAM SERTIPIKASI MASSAL SWADAYA (SMS) AKSES MENUJU KESEJAHTERAAN BAGI MASYARAKAT DI DESA SIDOMUKTI KECAMATAN PLAOSAN KABUPATEN MAGETAN, PROVINSI JAWA TIMUR. Masters thesis, UNDIP.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK PROGRAM SERTIPIKASI MASSAL SWADAYA (SMS) AKSES MENUJU KESEJAHTERAAN BAGI MASYARAKAT DI DESA SIDOMUKTI KECAMATAN PLAOSAN KABUPATEN MAGETAN PROVINSI JAWA TIMUR Pemerintah dituntut untuk Iebih aktif dan tidak hanya bersifat menunggu pada masyarakat yang ingin mendaftarkan tanahnya dalam upaya untuk meningkatkan pelayanan di bidang pertanahan khususnya dalam mempercepat dan meningkatkan pelaksanaan pendaftaran tanah serta untuk menghilangkan anggapan masyarakat bahwa pengurusan sertipikat itu lama dan berbelit-belit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kabupaten Magetan memilih program SMS dalam rangka penguatan Hak Atas tanah sebagai akses menuju kesejateraan bagi masyarakat, dan untuk mengetahui program SMS dapat atau tidak dijadikan tolok ukur untuk mewujudkan tertib administrasi pensertipikatan tanah di Kabupaten Magetan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan yuridis sosiologis, spesifikasi penelitian bersifat deskriptif analitis, penentuan responden teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling, jenis dan sumber data yaitu data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data yaitu primer dan sekunder, teknik analisis data yaitu analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: program SMS sebagai akses kesejahteraan masyarakat Desa Sidomukti karena program ini dilaksanakan secara sederhana, efektif dan efisien dan hanya membutuhkan biaya yang relatif murah, program SMS dapat mendongkrak kuantitas dari jumlah sertipikat di Desa Sidomukti khususnya, program SMS sebagai salah satu cara yang efektif dalam mewujudkan tertib administrasi di bidang pertanahan adalah dengan menyelenggarakan pendaftaran tanah secara besama-sama dengan cara pendaftaran yang digunakan adalah sporadik namun pelaksanaannya dilakukan dengan pendekatan sistematik karena waktu yang bisa diperpendek, melalui pembiayaan dari BPD Jawa Timur dan akses modal kerja selanjutnya dengan sertipikat tersebut sebagai kredit bank untuk usaha maka dapat mengajukan pembiayaan dan berdampak kesejahteraan bagi masyarakat Desa Sidomukti. Program SMS dapat dijadikan tolok ukur mewujudkan tertib administrasi pensertipikatan tanah di Kabupaten Magetan, karena program SMS merupakan program yang paling banyak menyelesaikan sertipikat di Kabupaten Magetan dibandingkan program lainnya. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa program SMS di Desa Sidomukti dapat berjalan sesuai dengan rencana, dan dapat membuat masyarakat Desa Sidomukti untuk lebih merasa aman dan pasti dalam kepemilikan tanah, Program SMS ini dapat diterapkan di wilayah-wilayah lain guna mempercepat sertipikasi tanah. Saran, sebaiknya pelaksanaan pendaftaran massal swadaya sebagai alternatif dalam pendaftaran tanah dilaksanakan secara kontinyu di berbagai wilayah. Kata kunci: Pendaftaran Tanah, SMS, Akses Kesejahteraan Rakyat.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Pendaftaran Tanah, SMS, Akses Kesejahteraan Rakyat
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:57031
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:11 Oct 2017 08:44
Last Modified:11 Oct 2017 08:44

Repository Staff Only: item control page