TINJAUAN YURIDIS TENTANG PERLINDUNGAN PEKERJA DALAM PERJANJIAN KERJA BERSAMA DI PT PERUSAHAAN JAMU AIR MANCUR KARANGANYAR

Agam , Cendekia (2015) TINJAUAN YURIDIS TENTANG PERLINDUNGAN PEKERJA DALAM PERJANJIAN KERJA BERSAMA DI PT PERUSAHAAN JAMU AIR MANCUR KARANGANYAR. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
28Kb

Abstract

Perkembangan sektor industri yang semakin pesat ternyata ada hubungan ketenagakerjaan yang semakin komplek. Bahkan terjadi perselisihan ketika melakukan pekerjaan. Timbulnya perselisihan antara pengusaha dengan para pekerja berpokok pangkal pada perasaan-perasaan kurang puas. Secara umum yang menjadi pokok pangkal kekurang puasan itu berkisar pada masalah : a). Pengupahan ; b.) Jaminan Sosial ; c) Perilaku penugasan yang kadang- kadang dirasakan kurang sesuai kepribadian ; d) Daya kerja dan kemampuan kerja yang dirasakan kurang sesuai dengan pekerjaan yang harus diemban ; e) Adanya masalah pribadi. Untuk mengatur hubungan tersebut maka diperlukan rambu maupun aturan normatif Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan dijabarkan dalam Perjanjian Kerja Bersama agar mencapai keadilan sosial serta melindungi dan mensejahterakan pekerja atau buruh. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Yuridis Empiris. Spesifikasi penelitian ini adalah deskriptif analitis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi lapangan dan studi kepustakaan. Analisis data, data yang diperoleh dalam penelitian ini diolah dan dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian ini adalah, perlindungan hukum bagi pekerja atau buruh tidak sesuai dengan Undang-Undang No. 13 tahun 2003 karena masa percobaan yang digunakan dalam hubungan kerja dalam Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu melebihi 3 bulan dan Jam istirahat yang yang diberikan Perusahaan tidak diberikan waktu ibadah. Saran dari penelitian ini adalah dalam proses pembuatan perjanjian kerja bersama hendaknya melihat dan mendasarkan peraturan perundang- undangan yang berlaku. Agar perjanjian Kerja Bersama tidak batal demi hukum.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Perlindungan Hukum, Perjanjian Kerja Bersama, Pekerja/buruh
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:57030
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:11 Oct 2017 08:40
Last Modified:11 Oct 2017 08:40

Repository Staff Only: item control page