ASPEK HUKUM PERALIHAN HARTA WARIS BERASAL DARI GOLONGAN NON PRIBUMI TIONGHOA MENJADI HARTA WARIS ISLAM (Studi Kasus) Penetapan Pengadilan Negeri Tangerang Nomor : 989/PDT.P/2013/PN.TNG.

Achmad , Abdul Latief S (2015) ASPEK HUKUM PERALIHAN HARTA WARIS BERASAL DARI GOLONGAN NON PRIBUMI TIONGHOA MENJADI HARTA WARIS ISLAM (Studi Kasus) Penetapan Pengadilan Negeri Tangerang Nomor : 989/PDT.P/2013/PN.TNG. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
55Kb

Abstract

Dinamika kehidupan manusia selalu terdikotomi oleh berbagai permasalahan yang melingkupinya. Salah satu permasalahan yang sering muncul dalam kehidupan manusia yaitu berkaitan dengan kebendaan atau kekayaan, karena kebendaan atau kekayaan merupakan kebutuhan yang fundamental demi kelangsungan hidup manusia. Perselisihan yang menyangkut harta benda kerapkali terjadi ketika masing-masing pihak merasa berhak memiliki dan ingin menguasai atas benda dan kekayaan tersebut. Permasalahan yang akan diteliti dalam penulisan ini adalah faktor apa yang melatarbelakangi terjadinya peralihan harta waris yang berasal dari golongan non pribumi Tionghoa menjadi harta waris Islam dan apa akibat hukum terhadap beralihnya harta waris yang berasal dari golongan non pribumi Tionghoa menjadi warisan harta waris Islam. Metode pendekatan yang digunakan peneliti adalah library research (yurudis normatif). Yaitu suatu pendekatan alternatif yang menganalisa bahan-bahan pustaka di bidang hukum yang norma- normanya tertulis dan spesifikasi penelitian deskriptis analitis, yaitu dengan menggunakan metode dan teori ilmu-ilmu sosial tentang hukum untuk membantu peneliti dalam melakukan analisis. Hasil kesimpulan yang diambil dalam penelitian ini yaitu : beralihnya harta waris disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: karena hubungan darah, ikatan perkawinan, dan karena kesamaan Iman antara pewaris dengan ahli waris. Dalam hadits dinyatakan bahwa ahli waris yang berbeda agama tidak mendapatkan warisan, akan tetapi keadaan tersebut bisa dianulir dengan wasiat wajibah. Akibat hukum terhadap perpindahan agama dan Penetapan Pengadilan berdampak terhadap prosentase pembagian harta warisan. Dengan demikian, hak kepemilikan yang diterima oleh ahli waris atas harta warisan terbagi secara tidak merata antara ahli waris yang satu dengan yang lainnya.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Peralihan Warisan Golongan Tionghoa Harta Waris Islam
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:57025
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:10 Oct 2017 15:49
Last Modified:10 Oct 2017 15:49

Repository Staff Only: item control page