Indira, Dian and Wahya, Wahya and Muhtadin, Teddi and Mulyadi, R.M (2017) KONSEP LITERASI BERKARAKTER DALAM BUKU PELAJARAN BAHASA SUNDA TINGKAT SEKOLAH DASAR. In: "International Seminar “Language Maintenance and Shift” VII ISSN: 2540-8755, July 19 - 20, 2017, Hotel NEO Semarang.
| PDF 2337Kb |
Official URL: http://lamas.undip.ac.id
Abstract
Permasalahan pemertahanan bahasa lokal, termasuk bahasa Sunda, masih tetap merupakan perbincangan yang aktual. Bergesernya peran bahasa Sunda sebagai bahasa komunikasi di lingkungan keluarga bersuku bangsa Sunda (Damanhuri,2014; Samsudin, 2016) tentunya sangat mengkhawatirkan masyarakat pemilik bahasa dan budaya Sunda karena bila anakanak sudah tidak lagi berbahasa Sunda, menyiratkan bahwa budaya Sunda yang telah diwariskan secara turun temurun akan terhenti pula. Pelajaran bahasa Sunda di Jawa Barat diberikan sejak siswa duduk di tingkat sekolah dasar, sampai sekolah menengah atas. Di samping buku pelajaran bahasa Sunda bentuk media cetak, saat ini sudah tersedia buku elektronik yang dapat diunduh. Permasalahan yang muncul apakah buku pelajaran tersebut sudah memiliki konsep literasi berkarakter karena sejatinya buku sumber tidak hanya mendorong siswa memperoleh empat keterampilan berbahasa, tetapi mendorong daya literasi para siswa agar para siswa bersikap kritis dan aktif dalam memaknai teks, mengerti fungsi penggunaannya, dan menganalisis teks secara kritis dan mentransformasi penggunaannya (Wardi:2013, Dorsch:2014). Data penelitian bersumber dari korpus berupa buku pelajaran bahasa Sunda tingkat sekolah dasar, dengan pertimbangan bahwa anak-anak penerus suatu budaya dan bahasa dan belajar bahasa yang paling cepat pada usia anak-anak. Materi pelajaran tingkat SD sejatinya disesuaikan dengan usia anak dan berisi pesan-pesan moral, agar para siswa memiliki karakter yang positif, seperti santun, bertanggung jawab, menghormati sesama, disiplin, rendah hati. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apakah materi dalam buku pelajaran bahasa Sunda sudah menanamkan karakter budaya Sunda dan mampu mendorong para siswa untuk bersikap kritis. Metode penelitian yang digunakan metode kualitatif dengan teknik studi pustaka. Hasil yang diperoleh perlu pemilihan materi pelajaran yang lebih selektif yang lebih mudah dicerna dan mendorong kemampuan literasi para siswa.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | literasi, materi, Bahasa Sunda, siswa |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic |
ID Code: | 57004 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 10 Oct 2017 11:32 |
Last Modified: | 08 Feb 2018 11:31 |
Repository Staff Only: item control page