PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KARYA FOTOGRAFI MENURUT UNDANG-UNDANG NO 19 TAHUN 2002 TENTANG HAK CIPTA DI INDONESIA (STUDI KASUS PUTUSAN NO 50/HAK CIPTA/2005/PN. NIAGA JKT PST)

DANANG , SETIADI (2013) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KARYA FOTOGRAFI MENURUT UNDANG-UNDANG NO 19 TAHUN 2002 TENTANG HAK CIPTA DI INDONESIA (STUDI KASUS PUTUSAN NO 50/HAK CIPTA/2005/PN. NIAGA JKT PST). Masters thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KARYA FOTOGRAFI MENURUT UNDANG-UNDANG NO 19 TAHUN 2002 TENTANG HAK CIPTA DI INDONESIA (Studi Kasus Putusan No 50/Hak Cipta/2005/PN. Niaga JKT PST) Fotografi merupakan salah satu obyek karya cipta yang dilindungi oleh Undang-undang No 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta. Dalam pelaksanaannya banyak terjadi pelanggaran-pelanggaran terhadap karya cipta fotografi ini. Hal ini disebabkan karena para fotografer tidak memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup baik mengenai hak cipta dan peraturan yang melindungi karya cipta fotografi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif yaitu dengan meneliti cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder. Penelitian bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis pengaturan hukum yang terkait dengan hak cipta khususnya dalam perlindungan hasil karya fotografi di Indonesia. Mengkaji serta menganalisis penyelesaian hukum jika terjadi pelanggaran hukum terhadap hak cipta karya fotografi ditinjau dari Undang-undang No 19 tahun 2002 tetang Hak Cipta. Hasil dari penelitian ini bahwa perlindungan hak atas karya cipta fotografi pada pokoknya adalah melindungi karya cipta dari pelanggaran karya cipta. Pelanggaran karya cipta adalah melanggar hak atas karya cipta pencipta dengan cara mengumumkan dan / atau memperbanyak hasil karya cipta pemilik ciptaan tersebut. Selain itu pendaftaran hasil karya cipta sangatlah penting untuk menghindari dari perbuatan pihak lain yang dapat merugikan, pendaftaran karya cipta berguna untuk pembuktian bila terjadi pelanggaran. Penyelesaian sengketa hak cipta fotografi dapat ditempuh dengan mengajukan seperti gugatan ganti rugi ke Pengadilan Niaga. Alternatif penyelesaian dapat melalui cara penyelesaian lainnya seperti negosiasi, mediasi, konsiliasi, ataupun dengan cara lain yang dipilih dan ditentukan oleh para pihak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Hak Cipta, Karya Fotografi.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Perlindungan Hukum, Hak Cipta, Karya Fotografi
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:56954
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:09 Oct 2017 15:03
Last Modified:09 Oct 2017 15:03

Repository Staff Only: item control page