Pengaruh Penggunaan Tepung Wortel (Daucus Carrota L) Dalam Ransum Terhadap Efisiensi Penggunaan Protein dan Kalsium Pada Ayam Broiler (Effect of feeding dietary Protein and Calcium efficients on broiler chicken)

PRASETYO, Tri Joko and MAHFUDZ, Luthfi Djuahari and ISMADI, V. Dwi Yunianto Budi (2017) Pengaruh Penggunaan Tepung Wortel (Daucus Carrota L) Dalam Ransum Terhadap Efisiensi Penggunaan Protein dan Kalsium Pada Ayam Broiler (Effect of feeding dietary Protein and Calcium efficients on broiler chicken). Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
456Kb
[img]
Preview
PDF
146Kb
[img]
Preview
PDF
182Kb
[img]
Preview
PDF
193Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

101Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

535Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1142Kb

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji penggunaan tepung limbah wortel terhadap efisiensi penggunaan protein dan kalsium ayam broiler. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai Oktober 2016 di kandang Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro, Semarang. Materi yang digunakan ayam broiler berumur 7 hari sebanyak 144 ekor dengan bobot badan rata-rata 181,25 ± 11,31 g. Ransum yang digunakan selama penelitian terdiri dar jagung kuning, bekatul, meat bone meal (MBM), poultry meat meal (PMM), bungkil kedelai, tepung ikan, premix dan tepung limbah wortel. Penelitian menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan yaitu T0 (ransum tanpa tepung wortel); T1 (ransum dengan 2% tepung wortel); T2 (ransum dengan 4% tepung wortel); T3 (ransum dengan 6% tepung wortel) dan 6 ulangan. Parameter yang diamati meliputi konsumsi protein, rasio efisiensi protein, retensi kalsium, dan pertambahan bobot badan Hasil penelitian menunjukan adanya penurunan pertambahan bobot badan (P<0,05) pada penggunaan 4% dan 6% tepung limbah wortel dalam ransum dan adanya peningkatan retensi kalsium pada penggunaan 2% tepung limbah wortel dalam ransum. Konsumsi protein dan rasio efisiensi protein memiliki hasil yang sama. Simpulan penelitian menunjukan bahwa tepung limbah wortel dapat digunakan sebagai bahan pakan pelengkap, tidak lebih dari 2%.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:56862
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:06 Oct 2017 11:15
Last Modified:06 Oct 2017 11:15

Repository Staff Only: item control page