Tinjauan Aspek Mikroklimat dan ResponFisiologis Ternak di Balai Pengembangan Ternak Sapi Perah dan Hijauan Pakan Ternak Cikole Lembang Jawa Bara

ANDINI, Shaskia and WIDIASTUTI, Endang (2017) Tinjauan Aspek Mikroklimat dan ResponFisiologis Ternak di Balai Pengembangan Ternak Sapi Perah dan Hijauan Pakan Ternak Cikole Lembang Jawa Bara. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
293Kb
[img]
Preview
PDF
7Kb
[img]
Preview
PDF
84Kb
[img]
Preview
PDF
69Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

112Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

476Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1271Kb

Abstract

Praktek Kerja Lapangan dilaksanakan pada tanggal 20 Februari - 3 April di Balai Pengembangan Ternak Sapi Perah dan Hijauan Pakan Ternak (BPT-SP dan HPT) Cikole Lembang Jawa Barat. Bertujuan untuk mengetahui keadaan lingkungan di BPT - SP dan HPT Cikole Jawa Barat yang akan berdampak pada produktivitas sapi perah Friesian Holstein. Manfaat bagi mahasiswa dalam memperoleh pengalaman, wawasan, keterampilan dan melatih kerja secara langsung di lapangan Materi yang digunakan dalam praktek kerja lapangan ini adalah sapi perah FH yang ada di BPT-SP dan HPT Cikole Jawa Barat. Alat yang digunakan adalah Termohygrometer, Termometer Klinis, Stetoskop, alat tulis dan kamera. Metode yang digunakan adalah metode partisipasi aktif di lapangan dengan mengikuti kegiatan rutin dari perusahaan, Data yang diambil adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari pengukuran serta pengamatan secara langsung di lapangan sedangkan data sekunder diperoleh dari catatan yang dimiliki perusahaan dan monografi perusahaan. Hasil Praktek Kerja Lapangan menunjukan rata-rata suhu di BPT-SP & HPT pada pagi hari 19 oC dengan kelembaban 70%, pada siang hari suhu udara 25 oC dengan kelembaban 53% dan pada sore hari suhu udara 21 oC dengan kelembaban 64%. Rata-rata suhu rektal pada pagi hari di kandang sapi laktasi 1 dan kandang sapi laktasi 2 yaitu berkisar antara 37,0-37,8 oC pada siang hari berkisar antara 38,3-38,6 oC dan pada sore hari berkisar antara 38,0-38,1 oC. Ratarata Frekuensi nafas pada pagi hari sapi perah FH di kandang laktasi 1 dan kandang laktasi 2 berkisar antara 19-24 kali/menit pada siang hari berkisar antara 25-31 kali/menit dan pada sore hari berkisar antara 20-25 kali/menit. Rata-rata frekuensi denyut nadi pada pagi hari sapi perah FH di kandang laktasi 1 dan kandang laktasi 2 berkisar antara 52-55 kali/menit pada siang hari berkisar antara 54-62 kali/menit, dan pada sore hari 52-55kali/menit. Berdasarkan hasil Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang telah dilakukan di BPT-SP dan HPT dapat disimpulkan bahwa kondisi mikroklimat yang ada di BPT-SP dan HPT mendukung kondisi fisiologis ternak sehingga sesuai untuk pemeliharaan sapi perah.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Diploma in Animal Agriculture
ID Code:56860
Deposited By:Mr. Perpus FP Admin
Deposited On:06 Oct 2017 10:57
Last Modified:06 Oct 2017 10:57

Repository Staff Only: item control page