Analisis Total Padatan Terlarut, Keasaman, Kadar Lemak, dan Tingkat Viskositas pada Kefir Optima dengan Lama Fermentasi yang Berbeda

BAYU, Mohammad Kresna and RIZQIATI, Heni and NURWANTORO, Nurwantoro (2017) Analisis Total Padatan Terlarut, Keasaman, Kadar Lemak, dan Tingkat Viskositas pada Kefir Optima dengan Lama Fermentasi yang Berbeda. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
500Kb
[img]
Preview
PDF
104Kb
[img]
Preview
PDF
243Kb
[img]
Preview
PDF
440Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

213Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

167Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

893Kb

Abstract

Penelitian dilaksanakan selama 3 bulan yaitu dari bulan Maret – Mei 2017 di Laboratorium Rekayasa Pangan dan Hasil Pertanian Universitas Diponegoro, Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan lama fermentasi terhadap total padatan terlarut, keasaman, kadar lemak, dan tingkat viskositas dari kefir optima. Desain percobaan yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 kali ulangan dengan variasi lama fermentasi yaitu 12 jam untuk T1, 24 jam untuk T2, 36 jam untuk T3, dan 48 jam untuk T4. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan Analysis of Variance (ANOVA) dengan taraf signifikansi 5% dan apabila ada pengaruh perlakuan, dilanjutkan dengan Uji Wilayah Ganda Duncan dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lama fermentasi memberikan pengaruh nyata (P<0,05) terhadap total padatan terlarut, keasaman, dan kadar lemak. Semakin lama waktu fermentasi, total padatan terlarut semakin menurun hingga lama fermentasi 36 jam, keasaman semakin meningkat, dan kadar lemak semakin menurun. Lama fermentasi tidak memberikan pengaruh pada tingkat viskositas.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Food Technology
ID Code:56850
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:06 Oct 2017 09:19
Last Modified:06 Oct 2017 09:19

Repository Staff Only: item control page