Hubungan antara Konsumsi Protein Pakan dengan Produksi dan Protein Susu Sapi Perah Rakyat Di kabupaten Klaten. (Relationship Between Crude Protein Intake, Milk Production and Milk Protein of Dairy Cows at Klaten District

SETIAWAN, Harlin and HARJANTI, Dian Wahyu and SAMBODHO, Priyo (2017) Hubungan antara Konsumsi Protein Pakan dengan Produksi dan Protein Susu Sapi Perah Rakyat Di kabupaten Klaten. (Relationship Between Crude Protein Intake, Milk Production and Milk Protein of Dairy Cows at Klaten District. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
224Kb
[img]
Preview
PDF
11Kb
[img]
Preview
PDF
184Kb
[img]
Preview
PDF
211Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

266Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1016Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1571Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara konsumsi protein pakan dengan produksi susu dan kandungan protein susu pada sapi perah di Kabupaten Klaten. Penelitian telah dilaksanakan pada tanggal 1 Maret – 31 Juli 2014 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Materi yang digunakan adalah 30 ekor sapi perah dengan kriteria bulan laktasi 2-3 dan periode laktasi 2-3 yang tersebar di 4 kecamatan di Kabupaten Klaten, yaitu Kecamatan Jatinom, Kemalang, Karangrejo,Tulung, Manisrenggo dan Karangnom. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan metode survey, penentuan sampel lokasi kecamatan menggunakan metode sensus, penentuan jumlah ternak tiap kecamatan menggunakan metode quota sampling, penentuan lokasi peternak menggunakan metode judgment sampling, dan penentuan sampel ternak menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria yang ditentukan. Parameter yang diamati adalah hubungan antara konsumsi protein pakan dengan produksi susu dan protein susu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi protein pakan 1,25 kg/ekor/hari. Produksi susu 10,27 liter/ekor/hari atau 10,62 kg. Kadar protein susu yang dihasilkan sebesar 2,42% Terdapat hubungan linier positif antara konsumsi protein pakan dengan produksi susu (P= 0,066) dengan nilai r= 0,34 dan R2= 0,116. Terdapat hubungan linier positif antara konsumsi protein pakan dengan protein susu (P= 0,062) dengan nilai r= 0,345 dan R2= 0,119. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa tidak terdapat hubungan yang nyata konsumsi protein pakan dengan produksi dan protein susu menggunakan model regresi linier.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:56840
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:05 Oct 2017 15:01
Last Modified:05 Oct 2017 15:01

Repository Staff Only: item control page