EKSEKUSI JAMINAN FIDUSIA ATAS KENDARAAN BERMOTOR YANG TIDAK DIDAFTARKAN KE KANTOR PENDAFTARAN FIDUSIA (Studi kasus PT.Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Unit BatangKota)

TIKA , SILVIANI (2012) EKSEKUSI JAMINAN FIDUSIA ATAS KENDARAAN BERMOTOR YANG TIDAK DIDAFTARKAN KE KANTOR PENDAFTARAN FIDUSIA (Studi kasus PT.Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Unit BatangKota). Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]Microsoft Word - Published Version
41Kb

Abstract

Bank Rakyat Indonesia Unit BatangKota dalam memberikan kredit, berdasar prinsip collateral dari 5’C, serta mensyaratkan adanya agunan/jaminan sebagai pengamanan apabila terjadi resiko debitor wanprestasi. Agunan umumnya berupa kendaraan bermotor yang menjadi jaminan di BRI Unit BatangKota, tidak diikat menurut ketentuan Undang-Undang Nomor 42 tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia (UUF). Konsekuensi dari tidak didaftarkannya jaminan fidusia tersebut adalah kreditor yang dalam hal ini adalah Bank tidak memperoleh kedudukan sebagai kreditor preferen karena jaminan fidusia tidak lahir. Permasalahan dalam penelitian tesis ini meliputi pelaksanaan perjanjian kredit dengan Jaminan Fidusia atas kendaraan bermotor yang tidak didaftarkan ke kantor pendaftaran fidusia pada BRI Unit BatangKota dan pelaksanaan eksekusi jaminan fidusia atas kendaraan bermotor yang tidak didaftarkan ke kantor pendaftaran fidusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan perjanjian kredit dengan jaminan fidusia atas kendaraan bermotor di BRI Unit BatangKota dan untuk mengetahui pelaksanaan eksekusi jaminan fidusia atas kendaraan bermotor yang tidak didaftarkan ke kantor pendaftaran fidusia. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris, yaitu suatu pendekatan yang meneliti data sekunder terlebih dahulu dan kemudian dilanjutkan dengan mengadakan penelitian data primer di lapangan. Analisa data yang telah diperoleh, baik data primer maupun data sekunder akan disusun secara sistematis menurut kategori yang telah ditentukan sesuai dengan masalah penelitian. Kemudian data tersebut dianalisis secara kualitatif mengenai pelaksanaan eksekusi perjanjian kredit dengan jaminan fidusia atas kendaraan bermotor yang tidak didaftarakan ke Kantor Pendaftaran Fidusia Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa pelaksanaan perjanjian kredit kendaraan bermotor dengan jaminan fidusia di BRI Unit BatangKota tidak dituangkan dalam Perjanjian tersendiri melainkan hanya dituangkan di dalam perjanjian kredit dan kuasa menjual yang diwaarmerking oleh notaris berupa Surat Kuasa dengan Hak Substitusi. Mengingat besarnya biaya dan waktu, akta jaminan fidusia tidak langsung didaftarkan ke KPF berarti Jaminan Fidusia tersebut tidak sesuai dengan ketentuan UUF Pasal 11 dan Penjelasan Pasal 37 ayat (3). Sehingga apabila debitor wanprestasi,Bank hanya sebagai kreditor konkuren sesuai Pasal 1131 dan Pasal 1132 KUHPerdata. Surat kuasa menjual yang diwaarmerking notaris untuk mengikat obyek jaminan fidusia menempatkan Bank sebagai kreditor konkuren dan eksekusinya harus dengan kesepakatan antara Bank dan nasabahnya.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Jaminan Fidusia, Eksekusi, objek jaminan fidusia tidak di daftarkan
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:56784
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:05 Oct 2017 08:22
Last Modified:05 Oct 2017 08:22

Repository Staff Only: item control page