PENARIKAN BARANG OBJEK PERJANJIAN JUAL BELI AKIBAT WANPRESTASINYA PEMBELI (STUDI KASUS ANTARA PT. FUBORU INDONESIA CABANG SEMARANG DENGAN TOKO PANCA INDRA SAKTI MOTOR)

Achmad , Widayat (2013) PENARIKAN BARANG OBJEK PERJANJIAN JUAL BELI AKIBAT WANPRESTASINYA PEMBELI (STUDI KASUS ANTARA PT. FUBORU INDONESIA CABANG SEMARANG DENGAN TOKO PANCA INDRA SAKTI MOTOR). Masters thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK PENARIKAN BARANG OBJEK PERJANJIAN JUAL BELI AKIBAT WANPRESTASINYA PEMBELI (STUDI KASUS ANTARA PT. FUBORU INDONESIA CABANG SEMARANG DENGAN TOKO PANCA INDRA SAKTI MOTOR) Manusia hidup bermasyarakat saling membutuhkan, dalam memenuhi kebutuhannya sering melakukan suatu perbuatan hukum, yang salah satunya adalah melakukan perjanjian jual beli. Dalam perjanjian jual beli antara PT Fuboru Indonesia dengan Toko Panca Indra Sakti Motor menimbulkan hak dan kewajiban, apabila pembeli belum bisa memenuhi kewajiban dalam pembayarannya, maka penjual memberikan waktu beberapa kali dalam penagihannya, bersamaan dengan peringatan. Namun pembeli masih tidak bisa memenuhi kewajibannya, maka pembeli telah wanprestasi, tindakan yang dilakukan penjual ialah melakukan penarikan barang obyek jual beli. Dari uraian di atas yang menjadi pokok permasalahannya adalah : 1. Dapatkah penjual menarik barang objek perjanjian jual beli secara sepihak karena adanya wanprestasi dari pembeli dangan dasar adanya peringatan ? 2. Dapatkah penjual melakukan penarikan barang dengan menyimpangi Pasal 1144 dan 1145 KUH Perdata tentang hak reklame ? Di dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian yuridis empiris, yaitu pendekatan yang berdasarkan hukum yang berlaku dan berdasarkan kenyataan dalam dalam praktek. Spesifikasi yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif analisis, tehnik pengumpulan data yang digunakan dengan cara studi pustaka dan wawancara, sedangkan di dalam metode penyajian data disajikan secara kualitatif dan metode analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa PT Fuboru Indonesia dapat melakukan penarikan barang asalkan mendapat persetujuan dari Toko Panca Indra Sakti Motor atas dasar peringatan. Penarikan barang yang dilakukan oleh PT Fuboru Indonesia ini telah memperoleh persetujuan dari Toko Panca Indra Sakti Motor karena dasarnya adalah asas kebebasan berkontrak walaupun telah menyimpang dari Pasal 1144 dan 1145 KUH Perdata tentang hak reklame. Kata kunci : Penarikan Barang, Jual Beli, Wanprestasi

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Penarikan Barang, Jual Beli, Wanprestasi
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:56726
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:04 Oct 2017 11:26
Last Modified:04 Oct 2017 11:26

Repository Staff Only: item control page