PERJANJIAN KEMITRAAN ANTARA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT PT. META EPSI ARGO DENGAN KOPERASI UNIT DESA TANI SUBUR DAN PETANI PLASMA DI KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT

Rose Manda , Hapsari (2012) PERJANJIAN KEMITRAAN ANTARA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT PT. META EPSI ARGO DENGAN KOPERASI UNIT DESA TANI SUBUR DAN PETANI PLASMA DI KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
46Kb

Abstract

Kemitraan adalah kerjasama usaha antara usaha kecil dengan usaha menengah dan atau usaha besar dengan memperhatikan prinsip saling memerlukan, saling memperkuat dan saling menguntungkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggung jawab petani plasma terhadap perusahaan kelapa sawit, sesuai dengan perjanjian kemitraan antara perusahan perkebunan kelapa sawit dengan petani plasma di Kabupaten Kotawaringin Barat telah sesuai dengan UU No.25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian dan PPRI No.44 Tahun 1997 tentang Kemitraan dan untuk mengetahui kedudukan para pihak dan upaya penyelesaian bila salah satu pihak wanprestasi Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat yuridis empiris yaitu suatu penelitian yang mengacu pada kaidah-kaidah hukum yang ada, juga melihat kenyataan-kenyataan dan penerapan kaidah-kaidah hukum tersebut dalam masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perjanjian kemitraan antara perkebunan kelapa sawit Meta Epsi Agro dengan Koperasi Unit Desa dan Petani Plasma sesuai dengan Perjanjian yang telah dibuat oleh kedua belah pihak. Dan petani plasma hanya menyediakan lahan, sedangkan penanaman, pemupukan, pengairan serta pemeliharaan dikelola sepenuhnya oleh perusahaan inti agar menghasilkan dan menjaga kualitas tandan buah segar. Petani plasma memperoleh kesempatan kerja terlebih dahulu dari perusahaan inti apabila ada kebutuhan tenaga kerja guna pemeliharaan dan pemanenan TBS sepanjang memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh perusahaan inti. Perusahaan inti sebagai bapak angkat dari petani sebagai plasma menjalin hubungan kemitraan diharuskan bekerja sama dengan baik. Hingga saat ini apabila terjadi wanprestasi, baik yang dilakukan oleh perusahaan inti maupun petani plasma dapat diselasikan dengan baik melalui jalan musyawarah.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Perjanjian Kemitraan
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:56708
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:04 Oct 2017 10:26
Last Modified:04 Oct 2017 10:26

Repository Staff Only: item control page