PENDAFTARAN TANAH BERDASARKAN PELIMPAHAN HAK GARAPAN ATAS TANAH BEKAS HAK ERFPACHT (Studi Putusan Pengadilan Negeri Kendal No. 30./Pdt.G/2000/PN.Kdl, Putusan Banding No. 498/Pdt/2001/PT.Smg dan Putusan Kasasi No. 3187 K/Pdt/2002)

NURKHAMID, NURKHAMID (2012) PENDAFTARAN TANAH BERDASARKAN PELIMPAHAN HAK GARAPAN ATAS TANAH BEKAS HAK ERFPACHT (Studi Putusan Pengadilan Negeri Kendal No. 30./Pdt.G/2000/PN.Kdl, Putusan Banding No. 498/Pdt/2001/PT.Smg dan Putusan Kasasi No. 3187 K/Pdt/2002). Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
37Kb

Abstract

Timbulnya konflik tentang tanah ada disebabkan karena orang tidak mematuhi hukum tanahnya, boleh jadi persoalannya timbul karena sengketa batas, pemberian hak yang salah, penguasaan hak atas tanah yang bertentangan dengan hukum, dan sengketa bukti kepemilikan, atau karena ada perintah konversi tetapi tidak dikonversi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pendaftaran tanah berdasarkan pelimpahan hak garapan atas tanah bekas Hak Erfpacht dan pertimbangan hakim dalam memutuskan perkara No. 30./Pdt.G/2000/PN.Kdl. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis normatif, Data yang dipergunakan adalah data sekunder. Analisa data yang digunakan analisis normatif, yaitu data yang terkumpul dituangkan dalam bentuk uraian logis dan sistematis, selanjutnya dianalisis untuk memperoleh kejelasan penyelesaian masalah, kemudian ditarik kesimpulan secara deduktif. Hasil kajian ini menunjukan bahwa : 1) Pelaksanaan pendaftaran tanah berdasarkan pelimpahan hak garapan atas tanah bekas Hak Erfpacht terletak di Desa Limbangan, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal belum dilaksanakan sesuai denan ketentuan yang berlaku oleh dikarenakan masyarakat belum/tidak mengajukan permohonan sertipikat Hak Milik atas nama masing-masing kepada Kantor Pertanahan Kabupaten Kendal; 2) Pertimbangan hakim dalam memutuskan perkara No. 30./Pdt.G/2000/PN.Kdl adalah sertipikat tidak selamanya merupakan sebagai alat bukti yang kekuatan buktinya sempurna, jika perolehan Sertipikat tersebut dengan cara yang bertentangan dengan ketentuan hukum yang berlaku, maka dapat dibatalkan dengan bukti dari pihak lawan di pengadilan.

Item Type:Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords:Pendaftaran Tanah, Hak Garapan, Hak Erfpacht.
Subjects:K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:56692
Deposited By:Magister Kenotariatan
Deposited On:03 Oct 2017 16:07
Last Modified:03 Oct 2017 16:07

Repository Staff Only: item control page