Aditya, Yudha and Rochim, Adian Fatchur and Widianto, Eko Didik (2015) Rancang Bangun Sistem Telekomunikasi Konvergen Berbasis Voice over Internet Protocol Menggunakan Virtualbox. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 3 (2). pp. 282-294. ISSN 2338-0403
Full text not available from this repository.
Official URL: https://doi.org/10.14710/jtsiskom.3.2.2015.282-294
Abstract
Perkembangan teknologi yang sangat pesat, membuat teknologi telekomunikasi semakin berkembang. Voice over Internet Protocol (VoIP), Public Switched Telephone Network (PSTN), Global System for Mobiles (GSM) dan internet adalah teknologi terkini dalam memenuhi kebutuhan seseorang dalam berkomunikasi. Di sebagian besar implementasinya, penyedia layanan PSTN dan GSM memberikan sebuah tarif dalam setiap panggilan yang terjadi. Perancangan dan pembangunan sistem ini bertujuan untuk menciptakan sebuah sistem telekomunikasi berbasis VoIP, yang dapat menghubungkan jaringan lokal, GSM dan internet secara terpusat, demi memenuhi kebutuhan komunikasi seseorang dengan mobilitas tinggi disertai fleksibilitas pengaturan alur panggilan, untuk menghemat anggaran penggunaan layanan telekomunikasi. Metodologi penelitian tugas akhir ini dibagi menjadi 4 tahapan. Tahapan tersebut diantaranya adalah definisi sistem, spesifikasi kebutuhan, konfigurasi sistem dan pengujian sistem. Definisi sistem dibuat dengan mendefinisikan gambaran dan cara kerja sistem secara umum. Spesifikasi kebutuhan dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan perangkat keras dan perangkat lunak yang dibutuhkan oleh sistem. Konfigurasi dilakukan untuk mengimplementasikan pengaturan mengenai dialplan, Interactive Voice Response (IVR) dan kotak suara. Pengujian sistem adalah tahap untuk memeriksa keseluruhan fungsi pada sistem. Sistem ini diuji dengan melakukan panggilan dari setiap klien. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa sistem mampu memenuhi kebutuhan komunikasi seseorang dengan mobilitas tinggi. Fleksibilitas pengaturan panggilan membuat sistem dapat berkomunikasi dengan jaringan GSM dan VoIP Rakyat serta dapat menghemat tarif penggunaan layanan telekomunikasi. Sistem juga dapat mencatat aktivitas panggilan dengan memanfaatkan fitur Call Detail Record (CDR). Penelitian ini dapat dijadikan sebagai alternatif bagi perkantoran maupun instansi, untuk menggunakan layanan telekomunikasi secara terpusat, agar penghematan anggaran dalam penggunaan telekomunikasi menjadi lebih efisien.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Telekomunikasi; VoIP; GSM; IP PBX; Asterisk; Dialplan |
Subjects: | T Technology > Computer engineering. Embedded system. Network. Softwares. Robotics. Multimedia |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Computer System Faculty of Engineering > Department of Computer System |
ID Code: | 56567 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 02 Oct 2017 10:57 |
Last Modified: | 02 Oct 2017 10:57 |
Repository Staff Only: item control page