ESTIMASI SEBARAN CO DI TIGA PERSIMPANGAN LAMPU LALU LINTAS KOTA SURAKARTA YANG MENERAPKAN ATCS (AREA TRAFFIC CONTROL SYSTEM) DENGAN METODE MODELLING CAL3QHCR

Fuadi, Rafif (2017) ESTIMASI SEBARAN CO DI TIGA PERSIMPANGAN LAMPU LALU LINTAS KOTA SURAKARTA YANG MENERAPKAN ATCS (AREA TRAFFIC CONTROL SYSTEM) DENGAN METODE MODELLING CAL3QHCR. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
218Kb

Abstract

Kota Surakarta atau yang lebih dikenal dengan Kota Solo merupakan kota transit yang biasa dilewati kendaraan dari Semarang, Yogyakarta dan Surabaya. Kondisi ini membuat jalanan Kota Surakarta padat oleh kendaraan bermotor. Kepadatan lalu-lintas yang tinggi ini berpotensi memberikan penurunan kualitas udara di perkotaan akibat dari emisi kendaraan yang ditimbulkan. Salah satu usaha pemerintah Kota Surakarta dalam menangani kepadatan lalu lintas adalah dengan menerapkan Area Traffic Control System (ATCS). Kota Surakarta telah menerapkan sistem ATCS meliputi 43 titik pantau CCTV dari 53 persimpangan yang ada.Aktivitas kendaraan bermotor yang padat di Kota Surakarta merupakan aktivitas yang menghasilkan polutan karbon monoksida (CO), sehingga dilakukan pengukuran lapangan menggunakan alat CO meter dan estimasi sebaran CO dengan metode modelling CAL3QHCR pada saat hari libur (weekend) dan hari kerja (weekday) pada jam padat kendaraan pagi dan sore hari dengan lokasi penelitian di Simpang 4 Tugu Wisnu, Simpang 3 Sriwedari dan Simpang 4 Ngapeman. Hasil konsentrasi CO pengukuran validasi di lapangan menunjukkan bahwa konsentrasi CO yang terukur masih di bawah baku mutu SK Gubernur Jateng No. 8 Tahun 2001. Konsentrasi CO hasil estimasi menggunakan CAL3QHCR dibandingkan dengan konsentrasi CO hasil pengukuran validasi di lapangan menggunakan metode Independent Sample T-Test dengan hasil terdapat perbedaan signifikan antara data konsentrasi CO hasil estimasi menggunakan CAL3QHCR dengan konsentrasi CO hasil pengukuran validasi di lapangan dengan perbedaan nilai rerata sebanyak 2,27 ppm. Hasil ini menunjukkan bahwa pengunaan software CAL3QHCR tidak efektif untuk mengestimasi sebaran konsentrasi CO di Simpang 4 Tugu Wisnu, Simpang 3 Sriwedari dan Simpang 4 Ngapeman Kota Surakarta dalam kondisi penelitian yang tidak mengukur data radiasi matahari secara langsung. Kata Kunci : CO, Area Traffic Control System, Kota Surakarta, CAL3QHCR

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
ID Code:56540
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:30 Sep 2017 23:16
Last Modified:30 Sep 2017 23:16

Repository Staff Only: item control page