Pengaruh Perbedaan Kadar Medroxy Progesterone Acetate dalam Spons Vagina setelah Flushing Pakan terhadap Tampilan Berahi Domba

UMIAROH, Esti Nur Aini and SAMSUDEWA, Daud and MUKTIANI, Anis (2017) Pengaruh Perbedaan Kadar Medroxy Progesterone Acetate dalam Spons Vagina setelah Flushing Pakan terhadap Tampilan Berahi Domba. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
218Kb
[img]
Preview
PDF
151Kb
[img]
Preview
PDF
186Kb
[img]
Preview
PDF
280Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

327Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

412Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

994Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kadar MPA yang tepat dengan flushing pakan sehingga dapat menghasilkan kualitas tampilan berahi paling optimum. Penelitian ini dilakukan di desa Tegallurung, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung di bulan Agustus – September 2016. Materi yang digunakan yaitu 22 ekor domba lokal dari Temanggung dengan bobot badan relatif sama dengan rata-rata 35 kg. Flushing pakan menggunakan bahan pakan antara lain dedak, onggok, bungkil kelapa, bungkil kedelai dan molases. Perlakuan yang digunakan yaitu 20 mg MPA dan 30 mg MPA yang di implantasi dalam vagina untuk sinkronisasi berahi, masing-masing perlakuan memiliki ulangan sebanyak sebelas kali. Parameter yang diamati yaitu konsumsi pakan domba, konsumdi bahan kering pakan, konsumsi protein kasar, konsumsi TDN pakan, onset berahi, akhir berahi, lama berahi, puncak berahi, warna vulva, suhu vulva, kebengkakan vulva, intensitas lendir dan pH lendir. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, menggunakan T-test, analisis non parametrik chi square dan penjabaran secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan konsumsi BK, PK dan TDN pakan belum memnuhi kebutuhan domba dengan hasil analisis T-test tidak berbeda nyata antara T1 dan T2 (P>0,05). Onset berahi, lama berahi, akhir berahi dan puncak berahi tidak berbeda nyata pada analisis T-test (P>0,05). Hasil tidak berbeda nyata juga dihasilkan oleh suhu vulva, kebengkakan vulva, dan pH lendir. Hasil analisis chi square test untuk intensitas lendir menunjukkan hasil yang tidak berbeda nyata (P>0,05), namun pada perlakuan T2 menghasilkan grafik intensitas lendir yang lebih fluktuatif. Sinkronisasi berahi dengan kadar hormon medroxy progesterone acetate (MPA) 20 mg dan 30 mg dengan flushing pakan memberikan kualitas tampilan berahi yang tidak berbeda terhadap konsumsi BK, PK, TDN, onset berahi, puncak berahi, akhir berahi, lama berahi, tampilan vulva domba, tampilan lendir domba.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:56497
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:29 Sep 2017 10:50
Last Modified:29 Sep 2017 10:50

Repository Staff Only: item control page