PERLOKUSI TINDAK TUTUR EKSPRESIF DALAM DRAMA WAKAMONOTACHI 「若者たち」ドラマにおける表出的の発話媒介行為 (Kajian Pragmatik)

Istiqomah Pramudika, Dika (2017) PERLOKUSI TINDAK TUTUR EKSPRESIF DALAM DRAMA WAKAMONOTACHI 「若者たち」ドラマにおける表出的の発話媒介行為 (Kajian Pragmatik). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
2109Kb

Abstract

ABSTRAK Pramudika, Istiqomah. 2017. “Perlokusi Tindak Tutur Ekspresif dalam Drama Wakamonotachi (Kajian Pragmatik)”. Skripsi, Program Studi S1 Sastra Jepang, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro. Dosen pembimbing Maharani Patria Ratna, S.S., M.Hum. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tindak tutur ekspresif dalam drama tersebut dan mendeskripsikan perlokusi yang muncul dari tindak tutur ekspresif tersebut. Pada penelitian ini, penulis memperoleh data dari tuturan yang terdapat dalam drama Wakamonotachi. Metode yang digunakan dalam analisis data adalah kontekstual. Data dianalisis menggunakan teori SPEAKING milik Hymes untuk menentukan makna tindak tutur ekspresif dan teori verba perlokusi Alston untuk menentukan perlokusi yang muncul. Berdasarkan hasil penelitian, tindak tutur ekspresif yang dominan muncul bermakna meminta maaf. Kemudian, verba perlokusi yang dominan adalah verba mengurangi ketegangan. Kata Kunci : tindak tutur ekspresif, perlokusi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P1-1091 Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar > P121-149 Science of language (Linguistics)
Divisions:Faculty of Humanities > Department of Japanese
ID Code:56485
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:29 Sep 2017 09:40
Last Modified:29 Sep 2017 09:40

Repository Staff Only: item control page