PENGARUH INTRADIALYTIC EXERCISE DAN TERAPI MUSIK KLASIK TERHADAP TEKANAN DARAH INTRADIALISIS DAN KENYAMANAN PADA PASIEN CKD STAGE V YANG MENJALANI HEMODIALISA

Dwiatmojo, Nia Firdianty and Chasani, Shofa and KUSUMA, HENNI (2017) PENGARUH INTRADIALYTIC EXERCISE DAN TERAPI MUSIK KLASIK TERHADAP TEKANAN DARAH INTRADIALISIS DAN KENYAMANAN PADA PASIEN CKD STAGE V YANG MENJALANI HEMODIALISA. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

4Mb

Abstract

Hemodialisa merupakan salah satu terapi pengganti ginjal yang umum dilakukan dan menjadi pilihan bagi banyak penderita Chronic Kidney Disease (CKD) stage V. Selama proses hemodialisa pasien mengalami komplikasi. Hipertensi intradialisis merupakan komplikasi yang sering terjadi dan tidak cukup terkontrol. Berbagai hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat peran hipertensi intradialisis terhadap penurunan kenyamanan dan peningkatan morbiditas serta mortalitas pasien CKD yang menjalani hemodialisa rutin. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu penanganan untuk mengontrol tekanan darah intradialisis. Intradialytic exercise dan terapi musik klasik merupakan intervensi pilihan dan aman dilakukan untuk mengontrol penurunan systolic blood pressure (SBP) dan meningkatkan kenyamanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intradialytic exercise dan terapi musik klasik terhadap tekanan darah intradialsis dan kenyamanan pada pasien yang menjalani hemodialisa. Desain penelitian ini adalah quasi-experiment. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan purposive sampling, yang melibatkan 18 orang di kelompok intervensi dan 18 orang di kelompok kontrol. Data dianalisa menggunakan uji Wilcoxon dan Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan penurunan SBP pada kelompok intervensi dibandingkan kelompok kontrol (p=0.005), peningkatan kenyamanan fisiologis (p=0.023), dan kenyamanan psikologis (p=0.002). Kenyamanan sosial tidak mengalami peningkatan (p=0.463). Pasien pada kelompok intervensi mengalami penurunan SBP pasca hemodialisa dan angka kejadian hipertensi intradialitik dibandingkan dengan kelompok kontrol. Selain itu juga terdapat peningkatan kenyamanan fisiologis, dan psikologis, tetapi pada kenyamanan sosial tidak terjadi peningkatan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Intradialytic exercise dan terapi musik klasik dapat menjadi alternative intervensi keperawatan bagi pasien hemodialisa untuk mencegah hipertensi intradialitik dan meningkatkan kenyamanan. Kata Kunci: hemodialisa, intradialytic exercise, kenyamanan, musik klasik Referensi: 117 (2000 - 2016)

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Nursing
ID Code:56472
Deposited By:Mr Bekti Iskandar
Deposited On:29 Sep 2017 08:37
Last Modified:29 Sep 2017 08:37

Repository Staff Only: item control page