Pemetaan Sebaran Konsentrasi Gas Karbon Monoksida (CO) dan Ozon (O3) di Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPA) Studi Kasus: TPA Jatibarang, Semarang

Azizah, Istifari (2017) Pemetaan Sebaran Konsentrasi Gas Karbon Monoksida (CO) dan Ozon (O3) di Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPA) Studi Kasus: TPA Jatibarang, Semarang. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
237Kb

Abstract

Aktivitas pengolahan sampah di TPA berpotensi menimbulkan pencemaran udara yang dapat bersumber dari emisi kendaraan bermotor serta proses dekomposisi sampah. Sampai saat ini belum pernah dilakukan penelitian mengenai pemantauan kualitas udara ambien di TPA Jatibarang, sehingga para pengguna TPA tidak mengetahui bahaya polutan yang dihasilkan dari aktivitas TPA. Polutan yang perlu dipantau dalam pemantauan kualitas udara diantaranya adalah karbon monoksida (CO) dan ozon (O3). Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa dan memetakan sebaran konsentrasi O3 dan CO serta dianalisis hubungannya dengan faktor meteorologi (suhu, kelembaban dan kecepatan angin) dan jumlah kendaraan. Pengukuran dilakukan di 5 titik pada, pagi, siang dan sore hari agar hasil yang diperoleh dapat mewakili (representatif) konsentrasi O3 dan CO di TPA Jatibarang. Konsentrasi rata-rata O3 yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebesar 19,09 µg/Nm3 sedangkan konsentrasi rata-rata CO sebesar 937,97 µg/Nm3. Dari hasil analisis statistik didapatkan bahwa faktor meteorologi tidak berpengaruh signifikan terhadap konsentrasi O3 dan CO. Sementara itu jumlah kendaraan tidak berpengaruh signifikan terhadap konsentrasi O3 namun berpengaruh signifikan terhadap konsentrasi CO. Berdasarkan hasil pemetaan sebaran konsentrasi, didapatkan bahwa terjadi peningkatan konsentrasi O3 dan CO pada bagian timur ke bagian barat TPA yang dipengaruhi oleh arah angin dominan yang bergerak dari timur ke barat.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
ID Code:56388
Deposited By:Ms teknik lingkungan
Deposited On:13 Oct 2017 14:40
Last Modified:13 Oct 2017 14:40

Repository Staff Only: item control page