Putri, Selvani Ane and Sawitri, Dian Ratna (2017) HUBUNGAN ANTARA HARDINESS DENGAN STRES AKADEMIK PADA TARUNA TINGKAT II POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.
| PDF 199Kb |
Abstract
Tuntutan akademik yang harus dihadapi peserta didik setiap harinya cenderung menjadi salah satu penyebab stres dalam kehidupan peserta didik. Stres yang berasal dari hambatan akademik yang di alami peseta didik disebut dengan istilah stres akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara hardiness dengan stres akademik serta mengetahui besarnya dukungan efektif yang diberikan hardiness terhadap stres akademik. Populasi penelitian adalah taruna tingkat II di Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang yang berjumlah 337 orang, sampel sejumlah 173 orang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan Skala Stres Akademik (31 item, α = .91) dan Skala Hardiness (48 item, α = .96). Analisis regresi sederhana menunjukkan hubungan negatif yang signifikan antara hardiness dengan stres akademik dengan nilai koefisien korelasi rxy = -.63 dengan p = .000 (p < .001). Artinya, semakin tinggi hardiness, semakin rendah stres akademik. Hardiness memberikan sumbangan efektif sebesar 39% terhadap variasi kecenderungan stres akademik. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi peserta didik, orang tua, dan sekolah maupun referensi pendukung bagi peneliti selanjutnya. Kata Kunci : hardiness, stres akademik, taruna, pelayaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
ID Code: | 56364 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 28 Sep 2017 09:56 |
Last Modified: | 28 Sep 2017 09:56 |
Repository Staff Only: item control page