Hubungan dukungan teman sebaya dengan motivasi berprestasi pada santri Pesantren Islam Al Irsyad, kecamatan Tengaran, kabupaten Semarang.

Ulfah, Addina Nurul and Ariati, Jati (2017) Hubungan dukungan teman sebaya dengan motivasi berprestasi pada santri Pesantren Islam Al Irsyad, kecamatan Tengaran, kabupaten Semarang. Undergraduate thesis, undip.

[img]
Preview
PDF
155Kb

Abstract

Keberhasilan siswa dalam pendidikan salah satunya dapat ditunjukkan dengan prestasi akademiknya. Keberhasilan siswa dalam pendidikannya juga dipengaruhi oleh motivasi berprestasi yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan teman sebaya dengan motivasi berprestasi pada santri Pesantren Islam Al Irsyad. Populasi penelitian ini adalah santri SMP Putra dan Putri Pesantren Islam Al Irsyad sejumlah 655 santri putra dan 121 santri putri. Sampel penelitian berjumlah 227 santri putra dan 89 santri putri yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Pengambilan data penelitian menggunakan Skala Motivasi Berprestasi (24 aitem valid; α = .88) dan Skala Dukungan Teman Sebaya (28 aitem valid; α = .89), yang telah diujicobakan pada 93 santri. Analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan teman sebaya dengan motivasi berprestasi yang ditunjukkan melalui koefisien korelasi rxy = .397 dengan p = .000 (p<.001). Semakin positif dukungan teman sebaya, maka motivasi berprestasi akan tinggi, dan sebaliknya. Dukungan teman sebaya memberikan sumbangan efektif sebesar 15,7% pada motivasi berprestasi. Analisis tambahan dalam penelitian ini menggunakan t-test independent sample, yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada variabel dukungan teman sebaya antara laki-laki dan perempuan dengan t = -3,144 dengan signifikansi 0,002 (p<0,05), dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada variable motivasi berprestasi antara laki-laki dan perempuan dengan t =0,159 dengan signifikansi 0,605 (p>0,05).

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:56326
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:26 Sep 2017 15:53
Last Modified:26 Sep 2017 15:53

Repository Staff Only: item control page