DAMPAK PELATIHAN REGULASI EMOSI ANAK (REMONA) TERHADAP PERILAKU DISRUPTIF PADA SISWA KELAS I SD KY AGENG GIRI MRANGGEN KABUPATEN DEMAK

Amalia, Siti and Ediati, Annastasia (2017) DAMPAK PELATIHAN REGULASI EMOSI ANAK (REMONA) TERHADAP PERILAKU DISRUPTIF PADA SISWA KELAS I SD KY AGENG GIRI MRANGGEN KABUPATEN DEMAK. Undergraduate thesis, undip.

[img]
Preview
PDF
186Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pelatihan “REMONA” regulasi emosi anak terhadap perilaku disruptif pada kelas I SD Ky Ageng Giri. Metode penelitian ini menggunakan pre-experimental design the one group prestest posttest design yaitu penelitian yang menggunakan satu kelompok sampel penelitian dan dilakukan pengukuran atau observasi (pre and posttest design) sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas I SD Ky Ageng Giri sebanyak 32 anak. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu sampling jenuh, seluruh populasi dijadikan sampel. Analisis data pada penelitian menggunakan Paired Sample T-test Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan “REMONA” secara signifikan efektif dalam menurunkan perilaku disruptif pada siswa kelas I SD Ky Ageng Giri dengan nilai perbedaan skor perilaku disruptif sebelum pelatihan “REMONA” (Mpretest=18,78; SDpretest=14,397) dan sesudah pelatihan (MposttestI=10,31; SDposttestI=7,168) dengan p<0,001. Bahkan dievaluasi setelah satu minggu, pelatihan “REMONA” tetap efektif dalam menurunkan perilaku disruptif (MposttestII=10,03; SDposttestII=6,684). Kata Kunci: Perilaku Disruptif, Pelatihan “REMONA”, Anak Usia Sekolah Dasar

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:56324
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:26 Sep 2017 15:45
Last Modified:26 Sep 2017 15:45

Repository Staff Only: item control page