PERBANDINGAN ANTARA SISTEM SKORING DAN PEMERIKSAAN BTA DENGAN TES CEPAT MOLEKULER GENEXPERT MTB/RIF SEBAGAI BAKU EMAS PADA TUBERKULOSIS ANAK

Sagala, Valentina Cicilia and Anam, Moh. Syarofil (2017) PERBANDINGAN ANTARA SISTEM SKORING DAN PEMERIKSAAN BTA DENGAN TES CEPAT MOLEKULER GENEXPERT MTB/RIF SEBAGAI BAKU EMAS PADA TUBERKULOSIS ANAK. Undergraduate thesis, Faculty of Medicine.

[img]
Preview
PDF
442Kb
[img]
Preview
PDF
247Kb
[img]
Preview
PDF
528Kb
[img]
Preview
PDF
428Kb

Abstract

Latar Belakang: Tuberkulosis paru (TB) adalah salah satu penyakit kronik yang sampai saat ini masih menjadi penyebab utama kematian di dunia . Kasus TB paru anak cukup tinggi dan diagnosis TB paru pada anak sangat sulit ditegakkan. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk menilai akurasi sistem skoring dan pemeriksaan BTA dengan tes cepat molekuler GeneXpert MTB/RIF sebagai baku emas. Metode: Penelitian retrospektif menggunakan data sekunder catatan medis dengan pendekatan observasional dan rancangan cross-sectional. Sampel penelitian yaitu pasien tuberkulosis paru anak yang telah melakukan pemeriksaan sistem skoring, pemeriksaan BTA dan tes cepat molekuker GeneXpert MTB/RIF di RSUP Dr. Kariadi Semarang pada bulan Maret sampai Juli 2016. Subyek penelitian berjumlah 40 anak. Tes cepat molekuler GeneXpert MTB/RIF dibandingkan dengan sistem skoring dan pemeriksaan BTA, menentukan area under curve (AUC) kemudian menilai uji diagnostik. Hasil: analisa kurva ROC dan uji diagnostik diperoleh Area under curve (AUC), sensitivitas, spesifisitas, nilai duga positif(NDP), nilai duga negatif (NDN), positif palsu dan negatif palsu secara berturut yaitu sistem skoring 69,9%, 76,9%, 63%, 50%, 85%, 37%, 23,1% dan pemeriksaan BTA 80,9%, 69,2%, 92,6%, 81,82%, 86,21%, 7,4%, 30,8%. Kesimpulan: Sistem skoring cukup lemah dalam mendiagnosis tuberkulosis paru anak sehingga digunakan sebagai penilaian awal dan pemeriksaan BTA cukup akurat untuk mediagnosis tuberkulosis paru anak sehingga dapat digunakan sebagai pemeriksaan untuk menegakkan diagnosis tuberkulosis paru pada anak. Kata Kunci : tuberkulosis paru, Mycobacterium tuberculosis, sistem skoring, pemeriksaan BTA, tes cepat molekuler GeneXpert MTB/RIF.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:56269
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:25 Sep 2017 10:39
Last Modified:25 Sep 2017 10:39

Repository Staff Only: item control page