HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP KETERLIBATAN AYAH DALAM PENGASUHAN DENGAN KONSEP DIRI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 4 KENDARI

Marsuq, Alfira Faradila and Kristiana, Ika Febrian (2017) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP KETERLIBATAN AYAH DALAM PENGASUHAN DENGAN KONSEP DIRI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 4 KENDARI. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img]
Preview
PDF
191Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap keterlibatan ayah dalam pengasuhan dengan konsep diri pada siswa kelas X SMK Negeri 4 Kendari. Hipotesis penelitian yang diajukan yaitu ada hubungan positif antara persepsi keterlibatan ayah dalam pengasuhan dengan konsep diri pada siswa kelas X SMK Negeri 4 Kendari. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 4 Kendari sebanyak 284 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 157 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi, yaitu skala persepsi terhadap keterlibatan ayah dalam pengasuhan dan skala konsep diri. Skala persepsi terhadap keterlibatan ayah dalam pengasuhan terdiri dari 39 aitem valid (α=0,925) dan skala konsep diri terdiri dari 23 aitem valid (α=0,834) yang telah diujicobakan pada 114 siswa. Analisis data dilakukan dengan metode analisis regresi sederhana. Hasil analisis data menunjukkan koefisien korelasi (rxy) = 0,476 pada P = 0,000 (p<0,05). Artinya hipotesis penelitian ini diterima yaitu ada hubungan positif antara persepsi terhadap keterlibatan ayah dalam pengasuhan dengan konsep diri. Sumbangan efektif persepsi keterlibatan ayah dalam pengasuhan terhadap konsep diri yaitu sebesar 22,7% sedangkan 77,3% berasal dari faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:56243
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:16 Jan 2018 15:41
Last Modified:16 Jan 2018 15:41

Repository Staff Only: item control page