PENGARUH FLUKTUASI SALINITAS TERHADAP EFISIENSI PENYISIHAN AMMONIUM PADA FIXED BED REACTOR YANG DIINOKULASI DENGAN SEDIMEN PERAIRAN AIR PAYAU

Musthofa, Akhmad Masykur Hadi (2017) PENGARUH FLUKTUASI SALINITAS TERHADAP EFISIENSI PENYISIHAN AMMONIUM PADA FIXED BED REACTOR YANG DIINOKULASI DENGAN SEDIMEN PERAIRAN AIR PAYAU. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
9Kb

Abstract

Kegiatan industri seperti industri pengalengan ikan dan pengolahan minyak bumi menghasilkan air limbah dengan konsentrasi ammonium dan salinitas yang tinggi. Salah satu alternatif pengolahan biologis yang dapat diterapkan untuk mengolah limbah dengan konsentrasi ammonium dan salinitas yang tinggi adalah dengan fixed bed reactor. Fixed bed reactor yang diinokulasi dengan sedimen dari saluran banjir kanal timur (BKT) diumpankan dengan limbah artifisial yang mengandung ammonium dengan konsentrasi 50 mg NH4+-N/L pada salinitas 0,5%, 1,5%, 3%, 5%, dan 7%. Efisiensi penyisihan ammonium terus menurun seiring dengan meningkatnya konsentrasi salinitas. Laju oksidasi ammonium (LOA) juga mengalami penurunan dari 25,1 mg NH4+-N/L.hari pada salinitas 0,5% menjadi 0,4 mg NH4+-N/L.hari pada salinitas 7%. Penurunan efisiensi ammonium juga disertai dengan meningkatnya konsentrasi nitrit dan menurunnya konsentrasi nitrat. Konsentrasi nitrit terbesar dan konsentrasi nitrat terkecil terdapat pada salinitas 7% dengan nilai 59,43 mg NO2--N dan 0,9 mg NO3--N.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
ID Code:56230
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:13 Oct 2017 14:45
Last Modified:13 Oct 2017 14:45

Repository Staff Only: item control page