PERBANDINGAN EFEKTIVITAS EKSTRAK JAHE MERAH (Zingiber officinale var. Rubrum ) DENGAN KETOKONAZOL 2% TERHADAP PERTUMBUHAN Malassezia sp. SECARA in vitro

Guntari, Suci and Surastri, Budi and Farida, Helmia (2017) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS EKSTRAK JAHE MERAH (Zingiber officinale var. Rubrum ) DENGAN KETOKONAZOL 2% TERHADAP PERTUMBUHAN Malassezia sp. SECARA in vitro. Undergraduate thesis, Faculty of Medicine.

[img]
Preview
PDF
483Kb
[img]
Preview
PDF
103Kb
[img]
Preview
PDF
337Kb
[img]
Preview
PDF
298Kb

Abstract

LatarBelakang :Infeksi Malassezia sp. Sering terjadi di daerah tropis karena kurangnya efektivitas obat antijamur, sehingga perlu antijamur alternatif. Penelitian ini menguji efek antijamur jahe merah. Senyawa alami ekstrak jahe merah ini diharapkan mampu mengatasi infeksi Malassezia sp.. Tujuan :Menguji efektivitas ekstrak jahe merah disbanding ketokonazol 2% dalam menghambat pertumbuhan Malassezia sp. Metode :Penelitian eksperimental laboratorium dengan post test only control group design. Jumlah sampel 35 media MH yang dibagi menjadi 5 kelompok perlakuan. Tiga kelompok diantaranya diberikan ekstrak jahe merah dengan konsentrasi berturut 83%, 90%, 95%, 1 kelompok berupa MH dengan ketokonazol 2% dan 1 kelompok berupa media MH tanpa substansi antijamur (kontrol positif), dilanjutkan dengan menanam Malassezia sp. 0,5 McFarland. Sampel diinkubasi selama 24-48 jam pada suhu 34o C. Analisis statistic menggunakan uji Kruskal- wallis dan dilanjutkan dengan uji post hoct Mann-whitney. Hasil :Pertumbuhan Malassezia sp. didapatkan pada kelompok kontrol positif dan tidak didapatkan pada kelompok yang mengandung ekstrak jahe merah dan ketokonazol.Uji Kruskal-wallis dilanjutkan dengan Mann-whitney menunjukkan perbedaan bermakna (p= 0,000) antara kelompok kontrol positif dengan kelompok ekstrak jahe merah 83%,90%,dan 95% maupun kelompok ketokonazol 2% dan tidak ada perbedaan bermakna (p=1,000) diantara ekstrak jahe merah 83%, 90%, 95% dengan ketokonazol 2%. Kesimpulan :Ekstrak jahe merah memiliki efektivitas antijamur yang sama dengan ketokonazol 2%. Kata kunci :Ekstrak jahe merah, Ketokonazol 2%, Pitiriasis versicolor (PV), Malassezia sp.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:56214
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Sep 2017 12:06
Last Modified:20 Sep 2017 12:06

Repository Staff Only: item control page