HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PROGRAM SEKOLAH LIMA HARI DI SMAN 5 SEMARANG

pratama dio wira, dwp and rusmawati diana, dr (2017) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PROGRAM SEKOLAH LIMA HARI DI SMAN 5 SEMARANG. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
255Kb

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi belajar pada siswa SMA Negeri 5 Semarang. Motivasi belajar merupakan kondisi psikologis yang membangkitkan, menggerakkan, mengarahkan dan mempertahankan perilaku sehingga individu berbuat kreatif dan lebih baik sehingga mampu menyelesaikan tugas yang diberikan guru. Subjek pada penelitian ini terdiri dari 119 siswa kelas X yang mayoritas terdiri dari remaja pertengahan dan akhir. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster sampling. Penelitian ini menggunakan dua skala sebagai alat ukur, yaitu skala Dukungan Sosial Teman Sebaya (42 butir; α=0,926) dan Skala Motivasi Belajar (33 butir; α=0,916). Hasil analisis regresi menunjukkan adanya hubungan hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dan motivasi belajar. (r = 0,500; p<0,001) Dukungan sosial teman sebaya memberikan sumbungan efektif sebesar 25% terhadap motivasi belajar. Kata kunci: Dukungan Sosial Teman Sebaya; Motivasi Belajar; Program Sekolah Lima Hari Abstract This study aims to determine the correlation between peers social support and the motivation of learning in Senior High School students 5, Semarang. Motivation to learn is a psychological condition that generates, moves, directs and maintains the behavior so that individuals do better and more creative so the students will be able to complete the task given by the teacher. Subjects in this study consisted of 119 students of class X which consisted mostly of middle and late adolescents. The sampling technique used by researcher is cluster sampling. This study uses two scales as a measuring tool: Peer Social Support scale (42items; α = 0,926) and Learning Motivation Scale (33 items; α = 0,916). The result of regression analysis shows a significant positive relationship between peer social support and learning motivation. (r = 0,500; p <0.001) Peer social support provides an effective contribution of 25% towards learning motivation. Keywords: Peer Friends Social Support; Motivation to learn; Five Day School Program

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:56139
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:16 Jan 2018 09:39
Last Modified:16 Jan 2018 09:39

Repository Staff Only: item control page