Pelapisan Benih Melon (Cucumis melo L.) dengan Ektrak Kulit Jeruk untuk Mempertahankan Mutu Fisiologis Selama Penyimpanan

ANISA, Nurul and KUSMIYATI, Florentina and KARNO, Karno (2017) Pelapisan Benih Melon (Cucumis melo L.) dengan Ektrak Kulit Jeruk untuk Mempertahankan Mutu Fisiologis Selama Penyimpanan. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
820Kb
[img]
Preview
PDF
264Kb
[img]
Preview
PDF
300Kb
[img]
Preview
PDF
408Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

333Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1335Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

3002Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keefektifan ekstrak kulit jeruk sebagai pelapis benih dalam mempertahankan mutu fisiologis benih melon selama penyimpanan. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Fisiologi dan Pemuliaan Tanaman, Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro dari bulan Desember 2016 – April 2017. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan acak lengkap pola faktorial, dengan perlakuan periode simpan (0 minggu, 4 minggu, 8 minggu dan 12 minggu) sebagai faktor pertama, dan perlakuan pelapisan benih (kontrol, carboxyl methyl cellulose (CMC) 1,5%, ekstrak kulit jeruk (EKJ) 0,5%, 1,5%, 1,5% dan 2%) sebagai faktor kedua. Masing-masing perlakuan diulang 3 kali. Parameter yang diamati adalah kadar air benih, daya hantar listrik, daya berkecambah, kecepatan tumbuh benih, indeks vigor, potensi tumbuh maksimum, panjang plumula dan berat kering kecambah normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya interaksi antara periode simpan dan pelapisan benih terhadap kadar air benih, daya berkecambah dan berat kering kecambah normal. Tetapi, interaksi tidak berpengaruh nyata terhadap kecepatan tumbuh benih, indeks vigor dan potensi tumbuh maksimum. Benih yang dilapisi CMC 1,5 % menghasilkan nilai berat kering kecambah normal nyata lebih tinggi daripada kontrol. Benih yang dilapisi dengan ekstrak kulit jeruk 1,5 % dan 2,0 % dapat mempertahankan kadar air benih hingga 4 minggu. Benih yang dilapisi dengan CMC 1,5 % dan ekstrak kulit jeruk 0,5 %, 1,0 % dan 1,5 % dapat mempertahankan daya berkecambah hingga 12 minggu. Formula ekstrak kulit jeruk 1,5 % dapat mempertahankan daya berkecambah, kecepatan tumbuh benih dan indeks vigor benih selama 12 minggu. Berdasarkan hasil penelitian bahwa perlakuan pelapisan mampu mempertahankan kadar air benih, daya hantar listrik, daya berkecambah, panjang plumula dan berat kering kecambah normal dibandingkan kontrol. Bahan pelapis EKJ 1,5 % dapat mempertahankan kadar air benih hingga minggu ke-4, daya hantar listrik dan daya berkecambah hingga minggu ke-12 serta panjang plumula dan berat kering kecambah normal hingga minggu ke-8.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agroecotechnology
ID Code:56134
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:15 Sep 2017 14:21
Last Modified:15 Sep 2017 14:21

Repository Staff Only: item control page