Respon Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Sawi Pakcoy (Brassica chinensis L.) Akibat Pemberian Berbagai Jenis Pupuk Kandang

BAROKAH, Rahmadun and SUMARSONO, Sumarsono and DARMAWATI, Adriani (2017) Respon Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Sawi Pakcoy (Brassica chinensis L.) Akibat Pemberian Berbagai Jenis Pupuk Kandang. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
202Kb
[img]
Preview
PDF
90Kb
[img]
Preview
PDF
182Kb
[img]
Preview
PDF
215Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

142Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1004Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1602Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon pertumbuhan dan produksi sawi pakcoy akibat pemberian berbagai jenis pupuk kandang, serta mengetahui jenis pupuk kandang yang efektif untuk pertumbuhan dan produksi sawi pakcoy. Penelitian dilakukan di Lahan percobaan dan Laboratorium Ekologi dan Produksi Tanaman, Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro dari bulan Januari - Maret 2017. Metode penelitian meliputi penyusunan rancangan percobaan, prosedur penelitian, pengumpulan data dan analisis data. Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancangan dasar acak lengkap pola monofaktor, dengan perlakuan jenis pupuk kandang (sapi, kambing, domba, kuda, ayam, dan urea 300 kg/ha). Masing-masing perlakuan diulang 4 kali. Parameter yang diamati tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun dan indeks luas daun, komponen hasil, dan serapan N tanaman. Hasil penelitian menunjukkan pemberian jenis pupuk kandang berbeda nyata (p<0,05) lebih tinggi dibandingkan dengan perlakuan kontrol dan pupuk urea. Tinggi tanaman dan jumlah daun tertinggi terdapat pada perlakuan A5 (pupuk kandang ayam) yaitu 26,33 cm dan 11 helai. Luas daun dan indeks luas daun tertinggi terdapat pada perlakuan A5 yaitu 1033,30 cm dan 6,46. Produksi segar tajuk tertinggi terdapat pada perlakuan A5 yaitu 2319,90 g/m2. Komponen bahan kering tanaman tertinggi terdapat pada perlakuan A5 yaitu bahan kering tajuk 151,53 g/m2, bahan kering akar 13,22 g/m2, sedangkan nisbah tajuk akar memiliki hasil yang tidak berbeda nyata untuk semua perlakuan. Serapan tanaman tertinggi terdapat pada perlakuan A5 yaitu 5,94 g/m2. Perlakuan diantara jenis pupuk kandang, perlakuan A5 memiliki hasil tertinggi pada semua parameter pengamatan. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan pemberian jenis pupuk kandang menghasilkan pertumbuhan dan produksi tanaman sawi pakcoy lebih tinggi dibandingkan dengan perlakuan tanpa pupuk dan pupuk urea. Pupuk kandang ayam menghasilkan pertumbuhan dan produksi terbaik dari berbagai parameter terutama bahan kering tajuk dibandingkan perlakuan jenis pupuk kandang lainnya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agroecotechnology
ID Code:56133
Deposited By:Mr. Perpus FP Admin
Deposited On:15 Sep 2017 14:11
Last Modified:15 Sep 2017 14:11

Repository Staff Only: item control page