Tingkah Laku Makan dan Ruminasi Pada Kambing Kacang Jantan Pada Umur Muda Dan Dewasa dengan Kuantitas Pemberian Pakan Yang Berbeda

ARGISYAMANTI, Rahmawati and PURNOMOADI, Agung and SUTARYO, Sutaryo (2017) Tingkah Laku Makan dan Ruminasi Pada Kambing Kacang Jantan Pada Umur Muda Dan Dewasa dengan Kuantitas Pemberian Pakan Yang Berbeda. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
126Kb
[img]
Preview
PDF
85Kb
[img]
Preview
PDF
94Kb
[img]
Preview
PDF
155Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

95Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

520Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

686Kb

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengkaji tingkah laku makan dan ruminasi pada kambing kacang dengan dua perlakuan hidup pokok pada umur kambing kacang muda dan dewasa. Penelitian ini berlangsung dari bulan Agustus 2013 hingga Januari 2014 di Laboratorium Produksi Ternak Potong dan Perah, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro, Semarang. Materi yang digunakan pada penelitian ini adalah kambing kacang sebanyak 16 ekor yang dibagi menjadi 2 yaitu 8 ekor kambing kacang umur muda (6-7 bulan) dengan bobot awal 12,75 ± 2,68 kg (CV 21,52%) dan 8 ekor kambing kacang umur dewasa (8-12 bulan) dengan bobot awal 17,34 ± 3,32 kg (CV 19,63%). Pakan yang diberikan adalah pakan komplit dengan kandungan PK sebesar 18,8% dan TDN 78,82%. Bahan pakan komplit terdiri dari tangkai gandum, bekatul, molases, dan bungkil kedelai. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan pola tersarang (nested design) dengan 2 kelompok umur dan 2 level pemberian pakan yang tersarang pada setiap kelompok umur. Parameter utama penelitian ini adalah waktu makan dan waktu ruminasi. Parameter pendukung yang diukur adalah konsumsi bahan kering (BK) dan pertambahan bobot badan harian (PBBH). Pengambilan data dilakukan selama 3 x 24 jam secara manual, yaitu pengambilan dengan form tingkah laku per lima menit terdiri dari waktu makan, ruminasi, berdiri, berbaring, frekuensi minum, urinasi, defekasi dan berat feses. Hasil penelitian menunjukkan umur berbeda nyata (P<0,05) terhadap konsumsi BK, tetapi pada pertambahan bobot badan harian (PBBH) tidak berbeda nyata (P>0,05). rata-rata waktu makan pada kambing Kacang menunjukkan hasil yang berbeda nyata (P < 0,05) pada kambing dewasa T1 dan dewasa T2, sedangkan muda T1 dan muda T2 menunjukkan hasil yang tidak berbeda nyata. Perbedaan waktu berdiri pada ternak kambing kacang muda dan dewasa pada T1 dan T2 menunjukkan hasil tidak berbeda nyata (P>0,05). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perbedaan pemberian pakan 1 hidup pokok dan 2 hidup pokok mempengaruhi tingkah laku makan pada kambing kacang jantan dengan umur muda dan dewasa.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:56131
Deposited By:Mr. Perpus FP Admin
Deposited On:15 Sep 2017 14:04
Last Modified:15 Sep 2017 14:04

Repository Staff Only: item control page