PENGARUH LARI SEBAGAI OLAHRAGA AEROBIK INTENSITAS SEDANG TERHADAP ATENSI MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS DIPONEGORO

Meiliani, Pho, Denita and Indraswari, Darmawati Ayu and Purwoko, Yosef (2017) PENGARUH LARI SEBAGAI OLAHRAGA AEROBIK INTENSITAS SEDANG TERHADAP ATENSI MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Faculty of Medicine.

[img]
Preview
PDF
674Kb
[img]
Preview
PDF
98Kb
[img]
Preview
PDF
387Kb
[img]
Preview
PDF
347Kb

Abstract

Latar Belakang: Olahraga sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian masyarakat. Beberapa penelitian sebelumnya menyatakan bahwa olahraga juga dapat meningkatkan fungsi kognitif, salah satunya adalah atensi. Atensi memiliki peran yang penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam proses belajar seseorang. Tujuan: Membuktikan pengaruh lari sebagai olahraga aerobik intensitas sedang terhadap atensi. Metode: Penelitian ini bersifat kuasi eksperimental dengan menggunakan rancangan pre- dan post-test pada tiga kelompok yang dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Semarang. Sampel penelitian adalah mahasiswa FK Undip (n=45) yang terbagi atas kelompok kontrol, perlakuan lari 30 menit, dan 60 menit, lalu diberikan pretest, kemudian diberi perlakuan, setelah itu diberikan posttest. Atensi subjek sebelum dan sesudah perlakuan dianalisis menggunakan uji t berpasangan. Hasil: Dari 45 subjek penelitian, rerata hasil tes atensi setelah perlakuan lari 30 menit dan 60 menit menunjukkan adanya peningkatan pada semua jaringan atensi yaitu alerting, orienting, dan executive. Uji t berpasangan diperoleh hasil bermakna untuk kelompok perlakuan lari 30 menit yaitu alerting p=0,043, orienting p=0,049, dan executive p=0,027 dan tidak bermakna untuk kelompok perlakuan lari 60 menit yaitu alerting p=0,609, orienting p=0,364, dan executive p=0,157. Kesimpulan: Lari 30 menit sebagai olahraga aerobik intensitas sedang meningkatkan atensi mahasiswa. Hal ini kemungkinan karena adanya peningkatan aliran darah otak, stimulasi neurotropik otak, dan katekolamin plasma. Kata kunci: Atensi, attention network test, alerting, orienting, executive function, olahraga aerobik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QP Physiology
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:56126
Deposited By:Ms Lutfiatun Heni
Deposited On:15 Sep 2017 13:32
Last Modified:15 Sep 2017 13:32

Repository Staff Only: item control page