NISHOM, M. and Isnanto, R. Rizal and Adi, Kusworo (2017) PENERAPAN METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS UNTUK SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PADA PENJAMINAN MUTU LAYANAN PERPUSTAKAAN BERDASARKAN ISO 9001. Masters thesis, School of Postgraduate.
PDF Restricted to Repository staff only 4091Kb |
Abstract
Penelitian ini mengusulkan model yang menggabungkan pendekatan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2015 dan metode Analytic Network Process (ANP). Penerapan SMM diperlukan untuk memberikan pelayanan yang berorientasi pada kebutuhan pelanggan yang dalam penerapannya dibutuhkan penentuan prioritas aspek layanan. Data masukan sistem pendukung keputusan penjaminan mutu layanan perpustakaan yang telah dibangun didasarkan pada tujuh prinsip ISO 9001:2015 yang dibagi menjadi dua puluh dua kriteria. Data masukan tersebut didapatkan dari hasil kuesioner terkait perbandingan dua puluh dua kriteria aspek layanan perpustakaan. Data tersebut diproses dengan metode ANP untuk mendapatkan prioritas perbaikan aspek layanan. Proses tersebut meliputi tahaptahap: memasukkan data kriteria ke dalam basis data sistem, membentuk matriks perbandingan berpasangan, menghitung bobot kriteria, menguji konsistensi, menghitung supermatriks, dan menghitung peringkat masing-masing kriteria yang mencerminkan prioritas aspek layanan. Peringkat dari setiap aspek layanan tersebut kemudian ditampilkan pada dashboard sistem untuk memudahkan pengguna dalam melihat informasi. Dari sistem yang telah dibangun, diketahui bahwa kriteria Prosedur mendapat peringkat tertinggi, sehingga perlu diprioritaskan untuk segera dilakukan tindakan evaluasi dan perbaikan. Selain itu, sistem ini juga menginformasikan bahwa prinsip Pengambilan Keputusan berdasarkan Bukti mendapatkan peringkat tertinggi di antara tujuh prinsip ISO 9001:2015 sehingga menjadikannya prioritas utama dalam manajemen mutu layanan perpustakaan. Kata Kunci: Analytic Network Process, Mutu layanan, Perpustakan, Sistem Pendukung Keputusan, ISO 9001 This research proposes a model that combines Quality Management System (QMS) ISO 9001:2015 approach and Analytic Network Process method. Implementation of QMS is required to provide services oriented on customer needs that determination of Service aspect prioritization is required. The input data for Decision Support System of Library Services Quality Assurance which has been developed based on the seven principle of ISO 9001:2015 that is divided into twenty-two criteria. The input data obtained from the questionnaire related to the comparison of twenty-two criteria aspects of library services. The data is processed using ANP method to obtain priority of service aspect improvement. The prosess consist of : entering the criteria data into database of the system, create pairwise comparison matrix, calculate weight of the criteria, test the consistency ratio, calculate the supermatrix and rankings for each criteria that represent the priority aspects of service. Ranking from each aspect of the service is then displayed on system dashboard to simplify users to view the information. From the system which has been built found that the Procedure criteria gain highest rating thus need to prioritize for immediate evaluation and improvement action. In addition, this information system also found that Decision Making based on Evidence principle gain highest ranking among the seven priciples of ISO 9001:2015 that made top priority in quality management of library services. Keywords: Analytic Network Process, Quality of Services, Library, Decision Support Systems, ISO 9001
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Information System |
ID Code: | 56098 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 14 Sep 2017 15:13 |
Last Modified: | 14 Sep 2017 15:13 |
Repository Staff Only: item control page