Efektivitas Aplikasi Beauveria bassiana sebagai Upaya Pengendalian Wereng Batang Cokelat dan Walang Sangit pada Tanaman Padi

PURWANINGSIH, Tri and KRISTANTO, Budi Adi and KARNO, Karno (2017) Efektivitas Aplikasi Beauveria bassiana sebagai Upaya Pengendalian Wereng Batang Cokelat dan Walang Sangit pada Tanaman Padi. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
910Kb
[img]
Preview
PDF
387Kb
[img]
Preview
PDF
141Kb
[img]
Preview
PDF
434Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

446Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1370Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

3422Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas aplikasi Beauveria bassiana dalam menekan populasi wereng batang cokelat maupun walang sangit pada tanaman padi dan untuk mengetahui produksi tanaman padi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli – Oktober 2016 di Desa Campursari, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung. Materi penelitian adalah padi varietas ciherang, pupuk kandang, pupuk urea, pupuk ponska, pupuk ZA dan agensia hayati Beauveria bassiana. Alat yang digunakan adalah traktor, ajir, blangko pengamatan, papan nama, meteran, paranet, timbangan dan alat tulis. Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) pola faktorial 4 x 3 dengan 4 ulangan. Faktor pertama adalah dosis Beauveria bassiana ( 0, 100, 150 dan 200 g/14 liter). Faktor kedua yaitu interval aplikasi Beauveria bassiana (7, 10 dan 14 hari). Setiap kombinasi perlakuan diulang 4 kali, sehingga keseluruhan terdapat 48 unit percobaan. Parameter yang diamati adalah populasi hama wereng batang cokelat, populasi hama walang sangit, tinggi tanaman, jumlah anakan padi yang mati, jumlah anakan produktif, hasil gabah kosong dan produksi tanaman padi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Beauveria bassiana dengan dosis 200 g/14 liter dengan interval aplikasi 7 hari berpengaruh nyata (p<0,05) terhadap tinggi tanaman, jumlah anakan, hasil produksi gabah dan populasi hama wereng batang cokelat maupun walang sangit, yang secara efektif menyebabkan peningkatan mortalitas serta penurunan populasi hama. Peningkatan mortalitas dan penurunan populasi hama menjadi lebih besar dengan adanya peningkatan dosis aplikasi. Tanpa aplikasi Beauveria bassiana (kontrol), populasi hama wereng batang cokelat dan walang sangit meningkat. Aplikasi Beauveria bassiana memperkecil serangan hama terhadap tanaman padi, yang tercermin pada parameter tinggi tanaman, jumlah anakan yang mati dan hasil gabah kosong yang lebih sedikit. Kesimpulan penelitian ini, bahwa aplikasi Beauveria bassiana dosis 200 g/14 liter dengan interval aplikasi 7 hari efektif untuk menekan atau mengendalikan populasi wereng batang cokelat dan walang sangit, dengan tingkat efektivitas berbeda. Efektifitas aplikasi Beauveria bassiana untuk menekan atau mengendalikan populasi wereng batang cokelat lebih tinggi dibandingkan walang sangit. Aplikasi Beauveria bassiana dapat menyelamatkan hasil gabah berkisar antara 1,20 sampai 4,47 kg/m2 untuk dosis 100 g/14 liter, 1,35 sampai 5,40 kg/m2 untuk dosis 150 g/14 liter dan 2,09 sampai 7,02 kg/m2 untuk dosis 200 g/14 liter bergantung interval aplikasi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agroecotechnology
ID Code:56084
Deposited By:Mr. Perpus FP Admin
Deposited On:14 Sep 2017 14:31
Last Modified:14 Sep 2017 14:31

Repository Staff Only: item control page