Pengaruh Penggunaan Tepung Limbah Kecambah Kacang Hijau Terhadap Kecernaan Protein Kasar, Kecernaan Serat Kasar dan Pertambahan Bobot Badan Itik Magelang Jantan

APRILIANTI, Eli and MANGISAH, Istna and YUNIANTO B.I., Vitus Dwi (2017) Pengaruh Penggunaan Tepung Limbah Kecambah Kacang Hijau Terhadap Kecernaan Protein Kasar, Kecernaan Serat Kasar dan Pertambahan Bobot Badan Itik Magelang Jantan. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
840Kb
[img]
Preview
PDF
9Kb
[img]
Preview
PDF
179Kb
[img]
Preview
PDF
103Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

185Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

369Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1437Kb

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan tepung limbah kecambah kacang hijau dalam ransum terhadap kecernaan protein kasar, kecernaan serat kasar dan pertambahan bobot badan pada itik Magelang. Penelitian dilaksanakan pada tangal 29 Maret 2016 sampai 30 April 2016 di kandang Digesti dan Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Pakan Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro, Semarang. Materi yang digunakan adalah 120 ekor itik magelang jantan umur 4 minggu dengan bobot badan rata-rata 960,66  136,29 g. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan acak kelompok dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah level limbah kecambah kacang hijau, yaitu 0, 5, 10, 15%. Parameter yang diukur adalah kecernaan protein kasar, kecernaan serat kasar dan pertambahan bobot badan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan tepung limbah kecambah kacang hijau berpengaruh nyata (p<0,05) terhadap kecernaan serat kasar dan tidak berpengaruh nyata (p>0,05) terhadap konsumsi ransum, kecernaan protein kasar dan pertambahan bobot badan. Simpulan dari penelitian ini adalah Penggunaan tepung limbah kecambah kacang hijau dalam ransum sampai taraf 15% tidak meningkatkan kecernaan protein kasar, menurunkan kecernaan serat kasar, dan tidak meningkatkan pertambahan bobot badan pada itik magelang jantan..

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:56040
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Sep 2017 10:48
Last Modified:14 Sep 2017 10:48

Repository Staff Only: item control page