ANALISIS PENGELOLAAN AIR BALLAST KAPAL NIAGA BERBASIS LINGKUNGAN DI PELABUHAN TANJUNG EMAS SEMARANG

TJAHJONO, A. Agus and Bambang, Azis Nur and Anggoro, Sutrisno (2017) ANALISIS PENGELOLAAN AIR BALLAST KAPAL NIAGA BERBASIS LINGKUNGAN DI PELABUHAN TANJUNG EMAS SEMARANG. PhD thesis, School of Postgraduate.

[img]
Preview
PDF
283Kb
[img]
Preview
PDF
525Kb
[img]
Preview
PDF
2361Kb
[img]PDF
Restricted to Repository staff only

5Mb

Abstract

Kapal niaga di dalam pengoperasiannya mempergunakan air laut yang disimpan dalam tangki ballast untuk menjaga stabilitas kapal tersebut. Pada saat muatan kosong maka kapal niaga akan mengambil air laut dari pelabuhan asal dan akan mengeluarkan air laut dari tangki ballastnya di perairan pelabuhan berikutnya saat melakukan kegiatan pemuatan. Pembuangan air ballast telah menimbulkan dampak buruk bagi ekosistem perairan, ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis korelasi phytoplankton, zooplankton dan logam berat dalam air ballast kapal niaga dengan perairan PTES, (2) mendeskripsikan implementasi awak kapal niaga dalam mematuhi Konvensi Ballast Water Management, (3) menganalisis strategi yang dilakukan para pihak di PTES dalam pengelolaan air ballast kapal niaga, (4) mengembangkan model pengelolaan air ballast kapal niaga berbasis lingkungan untuk mencegah dampak lingkungan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu penelitian deskriptif analitik yang memberikan gambaran atau uraian atas suatu keadaan sejelas mungkin dan mendalam tanpa ada perlakuan terhadap obyek yang diteliti. Hasil penelitian menujukkan terdapat korelasi positif phytoplankton,zooplankton dan logam berat pada air ballast kapal niaga terhadap phytoplankton, zooplankton dan logam berat pada perairan PTES. Pertukaran air ballast kapal di laut sesuai standar D1 hanya dilakukan oleh sedikit awak kapal baik dari mahasiswa yang telah praktek berlayar maupun Perwira Siswa dengan nilai sebesar 14,8%. Strategi yang dilakukan pihak regulator yaitu Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Tanjung Emas yaitu dengan melakukan peningkatan kekuatan dan mengurangi ancaman. Model pengelolaan air ballast yang dapat dilakukan oleh pengelola pelabuhan dalam hal ini Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III yaitu menyediakan tangki penampungan air ballast dari kapal niaga yang selanjutnya dilakukan pengolahan oleh Pelindo III dengan kapasitas sebesar 51.090 m3 per bulan atau 81.744 kL per bulan. Pihak regulator bersama pihak terkait perlu melakukan upaya penelitian dan pengawasan terhadap kapal niaga dalam negeri terhadap kepatuhan pelaksanaan aturan Ballast Water Management, penelitian alat pengolah air ballast bagi kapal niaga dalam negeri yang efektif dan sesuai dengan kondisi perairan tropis, kerjasama dengan pihak Balai Karantina dalam pengawasan air ballast bagi kapal niaga. Kata kata kunci : air ballast kapal niaga, pertukaran air ballast, Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Commercial vessels in operation is using sea water stored in the ballast tanks to maintain stability of the ship. At the time of the empty cargo on commercial vessels would take sea water from the departure port and will disharge sea water from the ballast water tank to the next port when performing loading activities. Ballast water discharge has a damaging impact in aquatic eco systems and economy. This study aims to (1) analyze the correlation of phytoplankton, zooplankton and heavy metals in ballast water tank from commercial vessel between PTES waters, (2) describe the implementation of the crew of the commercial vessels to comply with the Convention on Ballast Water Management, (3) analyze strategies for the stakeholders in PTES to comply the ballast water management, (4) develop a management model based on ballast water of commercial vessels to prevent environmental impact. The method used in this research is descriptive analysis and provide a description or commentary on a situation as clearly as possible and without any in-depth treatment of the object studied. The result shows there is a positive correlation of phytoplankton, zooplankton and heavy metals in the ballast water of commercial vessels to phytoplankton, zooplankton and heavy metals in waters PTES. Vessels’s ballast water exchange at sea according to the standard D1 is only done by a few respondents either of the students who had been the practice of sailing and Officers Students with a value of 14.8%. The strategy carried out by the regulators such us the Harbor Master and Port Authority of Tanjung Emas are conducting an increase strength and reducing the threat. Ballast water management model can be done by the Port Authority, in this model PT Pelindo III which provides a ballast water tank of the commercial vessels for further processing. It done by Pelindo III with a capacity of 51,090 m3 per month or 81,744 kL per month. Regulators together with related parties should conduct to research and supervision for domestic’s commercial vessels towards compliance with the implementation rules of Ballast Water Management, research for processor ballast water treatment for the domestic’s commercial vessels effectively and in accordance with the conditions of tropical waters, in cooperation with the Quarantine in supervision of ballast water for commercial vessels. Keywords: ballast water of commercial vessels, ballast water exchange, Tanjung Emas Semarang port.

Item Type:Thesis (PhD)
Subjects:T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Doctor Program in Environmental Science
ID Code:56037
Deposited By:Mrs Ekana Perpus Pasca
Deposited On:14 Sep 2017 10:44
Last Modified:14 Sep 2017 10:44

Repository Staff Only: item control page