SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RANTAI PASOK PARIWISATA UNTUK PEMBUATAN PRODUK WISATA PADA AGEN TOUR & TRAVEL DENGAN ANALISIS SWOT DAN METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP)

KUSUMAWARDANI, Dwi Mustika and Sediyono, Eko and Suseno, Jatmiko Endro (2016) SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RANTAI PASOK PARIWISATA UNTUK PEMBUATAN PRODUK WISATA PADA AGEN TOUR & TRAVEL DENGAN ANALISIS SWOT DAN METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP). Masters thesis, School of Postgraduate.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

1129Kb

Abstract

Perkembangan perusahaan jasa di bidang pariwisata semakin meningkat. Untuk itu setiap agen tour & travel harus mampu meningkatkan kualitas produk yang menarik dan kompetitif. Penelitian ini membangun sebuah sistem analisis manajemen rantai pasok pariwisata dalam pembuatan paket wisata dengan analisis SWOT dan metode Analytic Network Process (ANP). Analisis SWOT merupakan salah satu cara untuk memutuskan strategi pemasaran agar perusahaan mampu menghadapi persaingan global. Dalam penelitian ini, analisis SWOT digunakan untuk memilih pemasok terbaik di bidang pariwisata. Pemasok-pemasok tersebut antara lain: hotel, restoran, objek wisata dan akomodasi. Kombinasi pemasok terbaik dijadikan dalam satu produk berupa paket wisata. Sedangkan metode Analytic Network Process digunakan untuk merankingkan paket wisata yang telah didapat sebelumnya. Selain itu metode ini diterapkan karena mampu memberikan informasi kriteria yang paling berpengaruh dalam pembuatan paket wisata. Metode ini dilakukan dengan melihat ketergantungan hubungan antarkriteria. Kemudian memberikan bobot antarkriteria, sub-kriteria, dan alternatif. Kriteria yang digunakan dalam metode Analytic Network Process yaitu: product, price, place, dan promotion. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu sistem analisis manajemen rantai pasok di bidang pariwisata yang mampu menghasilkan paket wisata yang menarik dan kompetitif berupa paket wisata 1 dengan nilai sebesar 0,53. Selain itu, sistem informasi ini memberikan informasi bahwa kriteria yang paling berpengaruh dalam pembuatan paket wisata adalah kriteria product dengan nilai 0,30. Kriteria selanjutnya yang mempengaruhi dalam pembuatan paket wisata yang menarik dan kompetitif adalah kriteria price dengan nilai sebesar 0,28. Kata kunci : sistem analisis manajemen, rantai pasok, pariwisata, SWOT, Analytic Network Process. The development of services company in tourism is increasing. Therefore each tour & travel agent should be able to improve the quality of attractive and competitive products. This research builds a system analysis of supply chain management in the manufacturing of tour packages with SWOT analysis and Analytic Network Process (ANP). SWOT analysis is one way to decide marketing strategy for the company to able to face global competition. In this study, a SWOT analysis is used to select the best suppliers in tourism sector. Suppliers include: hotels, restaurants, attractions and accommodations. Combination of the best suppliers used as in one product of tour package. While the method of Analytic Network Process is used to rank the tour package has been obtained previously. In addition, this method is applied because it can provide information about the most influential of criteria in making tour package. This method conducted by looking at dependency relationship between among criteria. Then give them weight among criteria, sub-criteria and alternatives. The criteria used in the method of Analytic Network Process are: product, price, place and promotion. The results obtained from this research is the system analysis of supply chain management of tourism which capable of producing an attractive and competitive tour packages form of tour packages 1 with a value of 0.53. In addition, this information system provides information that the most influential criteria in making tour package is the product criteria with a value of 0.30. The next criterion which affects the making of attractive and competitive tour packages is price of criteria with a value of 0.28. Keywords : management analysis system, supply chain, tourism, SWOT, Analytic Network Process.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:T Technology > Computer engineering. Embedded system. Network. Softwares. Robotics. Multimedia
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Information System
ID Code:56012
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Sep 2017 09:29
Last Modified:14 Sep 2017 09:29

Repository Staff Only: item control page