Pengaruh Penyimpanan dan Pengemasan terhadap Total Populasi Bakteri Asam Laktat serta Keberadaan Bakteri Gram pada Pelet Calf Starter ditambah Limbah Kubis Terfermentasi

RESNIATI, Resniati and MUKODININGSIH, Sri and PUJANINGSIH, Retno Iswarin (2017) Pengaruh Penyimpanan dan Pengemasan terhadap Total Populasi Bakteri Asam Laktat serta Keberadaan Bakteri Gram pada Pelet Calf Starter ditambah Limbah Kubis Terfermentasi. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
845Kb
[img]
Preview
PDF
148Kb
[img]
Preview
PDF
397Kb
[img]
Preview
PDF
560Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

279Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

814Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

2024Kb

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji total bakteri asam laktat serta keberadaan bakteri gram pada pelet calf starter yang ditambah limbah kubis terfermentasi setelah mengalami proses penyimpanan yang disimpan pada bahan pengemas yang berbeda yaitu kemasan plastik dan kemasan kertas. Penelitian dilaksanakan dari bulan Juni sampai dengan Agustus 2016 di Laboratorium Teknologi Pakan Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro, Semarang. Materi yang digunakan dalam penelitian yaitu bahan pakan penyusun pelet calf starter meliputi bekatul, jagung kuning, bungkil kedelai, molasses, limbah kubis fermentasi, garam (NaCl), Gula, tetes, aquadest, media de Man Rogosa and Sharpe (MRS) Agar, Nutrien Broth (NB), dan pewarna untuk identifikasi bakteri dalam pewarnaan gram (violet kristal, larutan lugol, alkohol 95%, larutan aquades dan safranin). Alat yang digunakan adalah seperangkat alat pembuat pakan bentuk pelet. Metode penelitian ini terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap pengambilan data dan pengolahan data. Tahap persiapan meliputi pembuatan formulasi ransum, penyiapan alat dan bahan. Tahap pelaksanaan meliputi pembuatan pelet calf starter. Tahap pengambilan data dengan cara analisis total bakteri asam laktat dan keberadaan bakteri gram. Penelitian menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) pola faktorial (4 x 2) dengan masing-masing perlakuan 3 ulangan. Faktor pertama (A) adalah lama penyimpanan (0, 2, 4 dan 6 minggu) sedangkan faktor kedua (B) adalah jenis bahan pengemas (plastik dan kertas). Parameter yang diamati adalah perhitungan total bakteri asam laktat dan identifikasi pewarnaan bakteri gram positif dan negatif, Data hasil penelitian dianalisis ragam dengan uji F pada taraf signifikansi 5%, apabila terdapat pengaruh perlakuan dilanjutkan dengan uji wilayah ganda Duncan untuk mengetahui perbedaan antar perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh interaksi kombinasi perlakuan penyimpanan dan pengemasan terhadap total bakteri asam laktat dan keberadaan bakteri gram positif dan negatif pada pelet calf starter. Perlakuan penyimpanan berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap total bakteri asam laktat dan keberadaan bakteri gram positif dan negatif. Simpulan penelitian adalah tidak ada interaksi antara penyimpanan dan pengemasan. Pelet calf starter yang ditambah limbah kubis terfermentasi dapat mempertahankan bakteri asam laktat dan keberadaan bakteri gram positif selama masa penyimpanan 6 minggu yang disimpan dengan bahan pengemas plastik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:55991
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:13 Sep 2017 15:16
Last Modified:13 Sep 2017 15:16

Repository Staff Only: item control page