Manajemen Pencegahan dan Penanganan Penyakit pada Ayam Petelur di PT. REHOBAT Desa Sringin, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah

PRATIWI, Wihartri and WAHYONO, Fajar (2017) Manajemen Pencegahan dan Penanganan Penyakit pada Ayam Petelur di PT. REHOBAT Desa Sringin, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
157Kb
[img]
Preview
PDF
81Kb
[img]
Preview
PDF
140Kb
[img]
Preview
PDF
125Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

468Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1068Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

2037Kb

Abstract

Praktik Kerja Lapangan dilaksanakan pada hari Senin, 20 Februari 2017, di PT. Rehobat Desa Sringin, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Materi yang digunakan adalah ayam petelur berjumlah 4.544 ekor milik PT. Rehobat Unit V Limbangan Desa Sringin, Kecamatan Kendal, Kabupaten Kendal Jawa Tengah, kandang, dan lingkungannya. Metode Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang digunakan adalah berpartisipasi dan mengikuti aktivitas yang ada di PT. Rehobat. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Data primer didapat dari observasi lapangan dan data sekunder didapat dari hasil mewawancarai pihak terkait, dan data terkait di kantor PT. Rehobat. Hasil dari Praktik Kerja Lapangan adalah manajemen pencegahan penyakit dilakukan dengan cara biosecurity, sanitasi, vaksinasi, pemberian vitamin, dan program pengendalian vektor. Biosecurity dilakukan dengan cara mencegah orang maupun kendaraan masuk ke area peternakan tanpa melakukan sanitasi. Sanitasi dilakukan dengan cara membersihkan area kandang pada saat pagi dan sore hari. Vaksinasi dilakukan sesuai dengan program dan pemberiannya disesuaikan dengan program yang ada. Pemberian vitamin dilakukan ketika cuaca tidak stabil dan ayam terlihat tidak sehat, vitamin yang diberikan adalah Aminosol dan Vitamin C yang pemberiannya dengan cara dicampurkan ke air minum. Program pengendalian vektor dilakukan dengan cara penyemprotan asap cair ke bawah kandang. Ayam sakit diobati dengan Terramycin dengan aplikasi suntik subkutan. Keberhasilan pencegahan dan penanganan penyakit ditunjukkan dengan morbiditas 0,7%, dan mortalitas 0,07% Simpulan yang diperoleh dari Praktik Kerja Lapangan (PKL) di PT. Rehobat Unit Layer V adalah manajemen pencegahan penyakit keseluruhan meliputi Biosecurity, sanitasi, vaksinasi, pemberian vitamin, dan pengendalian vektor sudah dilakukan dengan baik. Penyakit yang menyerang adalah Pullorum disease dan Chronic Respiratory Disease.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Diploma in Animal Agriculture
ID Code:55973
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:13 Sep 2017 13:57
Last Modified:13 Sep 2017 13:57

Repository Staff Only: item control page