Pengaruh Pemberian Kapang Rhizopus oryzae atau Chrysonilia crassa terhadap Populasi Bakteri dalam Ileum Ayam Broiler yang Dipelihara pada Kondisi Panas

MUFADHILA, Winda and YUDIARTI, Turini and SUGIHARTO, Sugiharto (2017) Pengaruh Pemberian Kapang Rhizopus oryzae atau Chrysonilia crassa terhadap Populasi Bakteri dalam Ileum Ayam Broiler yang Dipelihara pada Kondisi Panas. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
177Kb
[img]
Preview
PDF
87Kb
[img]
Preview
PDF
163Kb
[img]
Preview
PDF
266Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

104Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

235Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

646Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penambahan kapang R. oryzae dan C. crassa dalam ransum terhadap total bakteri, Enterobactericeae dan bakteri asam laktat di dalam ileum ayam broiler yang dipelihara pada kondisi panas. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus - September 2016 di kandang Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro Semarang. Materi yang digunakan adalah 192 ekor day old chick (DOC) dengan rata-rata bobot awal 47,33±0,80 gram. Kandang penelitian yang digunakan sebanyak 24 petak dengan ukuran 1m × 1m × 1m berbahan dasar kayu dan triplek dengan alas sekam. Alat dan perlengkapan kandang yang digunakan meliputi tempat pakan, tempat minum, termohigrometer untuk mengukur suhu dan kelembaban kandang, lampu bohlam 60 watt sebagai pemanas, termostater sebagai pengatur suhu, timbangan digital, air conditioner (AC) dan blower. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 6 perlakuan dengan 4 ulangan, masing-masing ulangan terdiri 8 ekor ayam broiler. Perlakuan yang diberikan berupa T0 sebagai kontrol (suhu 28 ± 2°C tanpa suplemen), T1 (suhu 35 ± 2°C tanpa suplemen), T2 (suhu 35 ± 2°C + suplemen anti stres), T3 (suhu 35 ± 2°C + R. oryzae), T4 (suhu 35 ± 2°C + C. crassa) dan T5 (suhu 35 ± 2°C + bekatul). Parameter yang diukur berupa total bakteri, Enterobacteriaceae dan bakteri asam laktat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan panas dan pemberian suplemen kapang R. oryzae dan C. crassa berpengaruh nyata (P<0,05) meningkatkan total Enterobacteriaceae, sedangkan pada rataan total bakteri dan bakteri asam laktat dalam kisaran normal dan tidak memberikan pengaruh (P>0,05) terhadap perlakuan panas dan pemberian suplemen kapang R. oryzae dan C. crassa. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah pemberian kapang R. oryzae dan C. crassa dalam ransum meningkatkan rataan total Enterobacteriaceae namun tidak memberikan efek terhadap rataan total bakteri dan bakteri asam laktat dalam ileum ayam broiler yang dipelihara pada kondisi panas. Kondisi stres panas dapat meningkatan bakteri patogen seperti Enterobacteriaceae dalam ileum ayam broiler.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:55970
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:13 Sep 2017 13:51
Last Modified:13 Sep 2017 13:51

Repository Staff Only: item control page