Manajemen Pemeliharaan Babi Periode Penggemukan di CV. Anugerah Farm Desa Getasan, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

SINUKABAN, Jhon Prika and ARIFIN, Mukh (2017) Manajemen Pemeliharaan Babi Periode Penggemukan di CV. Anugerah Farm Desa Getasan, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Undergraduate thesis, Fakultas Peternakan Dan Pertanian Undip.

[img]
Preview
PDF
229Kb
[img]
Preview
PDF
7Kb
[img]
Preview
PDF
137Kb
[img]
Preview
PDF
161Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

287Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1009Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

1507Kb

Abstract

Praktek Kerja Lapangan dilaksanakan pada tanggal 9 Februari – 23 Maret 2017 di CV. Anugerah Farm Dusun Ngelo, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Tujuan dari Praktek Kerja Lapangan untuk mengetahui manajemen pemeliharaan ternak babi secara umum dan khususnya pada periode penggemukan. Manfaat dari Praktek Kerja Lapangan adalah memperoleh keterampilan dan pengalaman kerja di Peternakan babi untuk melengkapi ilmu yang diperoleh dalam perkuliahan Metode Praktek Kerja Lapangan yang dilakukan adalah partisipatif, yaitu dengan mengikuti kegiatan rutin di CV. Anugerah Farm, selain itu dengan melakukan observasi langsung untuk memperoleh data primer dengan wawancara kepada pihak terkait tentang manajemen pemeliharaan babi. Data sekunder diperoleh dari catatan perusahaan dan instansi terkait. Data yang didapat kemudian dilakukan perhitungan untuk mendapatkan hasil PBBH, konversi pakan, kebutuhan dan konsumsi pakan, selanjutnya data disusun ,dianalisis dan dijadikan sebagai Laporan Tugas Akhir. Bedasarkan hasil kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) setiap aspek pemeliharaan babi periode penggemukan di CV. Anugerah Farm didapatkan hasil bahwa pemeliharaan terbagi menjadi fase B1 (45 hari) dan BB (31 hari dan 14 hari), perbedaan fase tersebut berdasarkan pakan yang diberikan dan waktu pemeliharaan. Pakan yang diberikan belum memenuhi standar kebutuhan. Sistem perkandangan sudah baik dalam hal kontruksi kandang karena sesuai menurut umur dan pemeliharaan. Namun, khusus pada kelengkapan kandang belum sepenuhnya memenuhi standar karena tidak adanya kandang isolasi. Sanitasi dan pengendalian penyakit kurang baik dikarenakan pembersihan kandang dan ternak hanya sekali dalam sehari. Pertambahan bobot badan harian (PBBH) pada periode penggemukan sudah sesuai dengan standar. Konsumsi pakan berdasarkan BK untuk B1 dan BB (14 hari) belum tercukupi, sedangkan BB (31 hari) sudah tercukupi. Konsumsi pakan berdasarkan PK sudah tercukupi untuk B1 dan BB (31 hari dan 14 hari). Konsumsi pakan berdasarkan ME belum tercukupi untuk B1 dan BB (31 hari dan 14 hari). Bedasarkan hasil kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di CV. Anugerah Farm dapat disimpulan bahwa pemeliharaan babi periode penggemukan sudah cukup baik, namun belum semua aspek manajemen pemeliharaan dijalankan dengan benar terutama aspek kelengkapan kandang, kualitas pakan dan sanitasi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > SF Animal culture
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Diploma in Animal Agriculture
ID Code:55968
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:13 Sep 2017 12:06
Last Modified:13 Sep 2017 12:06

Repository Staff Only: item control page