PERBANDINGAN BIAYA UMUM TRANSPORTASI SEPEDA MOTOR DAN ANGKUTAN UMUM SEBAGAI MODA TRANSPORTASI OLEH MAHASISWA (STUDI KASUS: KAMPUS UNIVERSITAS DIPONEGORO TEMBALANG)

NASRUDDIN, Nasruddin and RAHMATULLAH, Anita Ratnasari (2014) PERBANDINGAN BIAYA UMUM TRANSPORTASI SEPEDA MOTOR DAN ANGKUTAN UMUM SEBAGAI MODA TRANSPORTASI OLEH MAHASISWA (STUDI KASUS: KAMPUS UNIVERSITAS DIPONEGORO TEMBALANG). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF
155Kb

Abstract

Moda transportasi angkutan umum merupakan salah satu sarana transportasi penting yang harus dikembangkan. Hal ini disebabkan karena peran kunci dari angkutan umum dalam berbagai kebijakan transportasi. Dengan mengembangkan pelayanan angkutan umum, secara tidak langsung dapat mengurangi permasalahan-permasalahan transportasi yang sering terjadi yaitu kemacetan. Adanya kawasan kampus di Kecamatan Tembalang yaitu kampus Undip Tembalang sebagai pusat tarikan perjalanan, menyebabkan semakin meningkatnya mobilitas yang terjadi dikawasan tersebut, dimana pelaku perjalanannya didominasi oleh mahasiswa yang menempuh pendidikan di kampus Undip. Preferensi mahasiswa memilih moda transportasi cenderung kepada penggunaan kendaraan pribadi yaitu sepeda motor dibandingkan angkutan umum, padahal dilihat dari trayek angkutan umum yang beroperasi untuk mengakomodasi perjalanan menuju kampus Undip Tembalang, angkutan umum sebenarnya mampu menjangkau sampai ke wilayah permukiman/kos-kosan mahasiswa, dan juga angkutan umum tersebut mampu mengantar mahasiswa untuk sampai ke setiap fakultas dan gedung lainnya yang berada di kampus Undip Tembalang. Jika dilihat dari biaya yang dikeluarkan, penggunaan angkutan umum tentu menghabiskan tarif yang lebih kecil dibandingkan penggunaan sepeda motor. Namun, tetap saja sepeda motor menjadi preferensi utama untuk mengakomodasi pergerakan mahasiswa dalam melakukan perjalanan menuju kampusnya. Melihat fenomena tersebut, sehingga muncul pertanyaan, “Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pemilihan moda transportasi sepeda motor dan angkutan umum oleh mahasiswa Undip Tembalang? Bagaimana perbandingan biaya umum transportasi angkutan umum terhadap sepeda motor sebagai moda transportasi yang digunakan untuk perjalanan menuju kampus?”.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:55873
Deposited By:JPWK Planologi
Deposited On:06 Sep 2017 15:34
Last Modified:06 Sep 2017 15:34

Repository Staff Only: item control page