BENTUK KESANTUNAN DENGAN MEMANFAATKAN KEKUATAN LEKSIKON EMOTIF-KULTURAL YANG DIMILIKI MASYARAKAT JAWA PESISIR: PEKALONGAN, SEMARANG, DEMAK

Sudaryono, Prof. Dr. Sudaryono, S.U. (2016) BENTUK KESANTUNAN DENGAN MEMANFAATKAN KEKUATAN LEKSIKON EMOTIF-KULTURAL YANG DIMILIKI MASYARAKAT JAWA PESISIR: PEKALONGAN, SEMARANG, DEMAK. In: International Seminar on Language Maintenance and Shift (LAMAS) 6 ISSN:2540-8755 , 9 - 10 August 2016, Gedung Pascasarjana Imam Barjo No. 3 - 5 Semarang.

[img]
Preview
PDF
6Mb

Official URL: http://lamas.undip.ac.id

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada kajian bentuk kesantunan yang memanfaatkan kekuatan emotif-kultural masyarakat Jawa Pesisir. Sentra analisis terletak jajaran leksikon dalam deret sintagmatik dan persepsi terhadap pemahaman nilai kesantunan. Lokasi penelitian: Semarang, Pekalongan, dan Demak, pada ranah keluarga perkotaan dan perkampungan. Data dikumpulkan melalui wawancara terstruktur, wawancara mendalam, dan focus group discus. Analisis data memanfaatkan kolaborasi metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalis data yang terkait dengan tuturan lingual (parole). Metode kuantitatif digunakan untuk mengukur penguasaan kosakata dasar ngoko, krama dan krama inggil. Temuan penelitian adalah tingkat penguasaan leksikon emotif-kultural lebih banyak tersimpan pada bentuk ngoko: 59,5% (Demak); 59,8% (Semarang); dan 65% (Pekalongan). Jajaran leksikon emotif-kultural dalam deret sintagmatik lebih ditentukan oleh persepsi terhadap nilai kesantunan masyarakat Jawa pesisir daripada kaidah preskriptif. Nilai kesantunan cenderung ditentukan oleh harmoni kerja sama daripada kadar keterancaman.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: leksikon, emotif-kultural, kesantuan, pesisir
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic
ID Code:55843
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:05 Sep 2017 14:01
Last Modified:14 Aug 2018 09:36

Repository Staff Only: item control page