Efektifitas Hipnoterapi dan Terapi Musik terhadap Intensitas Nyeri pada Remaja dengan Dismenore di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Putri Al-Amien Prenduan

Inayati, Hosnu and ReJeki , Sri and Hartati, Sri (2017) Efektifitas Hipnoterapi dan Terapi Musik terhadap Intensitas Nyeri pada Remaja dengan Dismenore di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Putri Al-Amien Prenduan. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Repository staff only

2944Kb

Abstract

Dismenore primer merupakan sensasi nyeri pada saat menstruasi yang dapat mempengaruhi kehidupan sehari- hari remaja. Kejadian dismenorea di Indonesia sekitar 64,25% yang terdiri dari 54,89% dismenore primer dan 9,36% dismenore sekunder. Salah satu pengobatan dismenorea secara non-farmakologis yaitu hipnoterapi dengan terapi musik. Hipnoterapi yang dikombinasikan dengan terapi musik merupakan salah satu cara yang mudah, cepat, efektif, dan efisien dalam menjangkau pikiran bawah sadar seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas kombinasi hipnoterapi dan terapi musik terhadap dismenorea pada siswi di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Putri Al-Amien Sumenep. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan rancangan penelitian one group pre-test-post-test. Jumlah sampel adalah 24 responden untuk kelompok intervensi dan 24 responden untuk kelompok kontrol, yang ditentukan dengan teknik consecutive sampling. Analisis data dilakukan melalui dua tahapan, yaitu univariat dan bivariat dengan menggunakan uji non-parametrik Wilcoxon dan Mann-Whitney. Hasil analisis menunjukkan setelah dilakukan intervensi kombinasi hipnoterapi dan terapi musik pada kelompok intervensi, didapatkan p-value = 0,000, sementara pada kelompok kontrol didapatkan p-value = 0,837 (α<0.05). Hasil penelitian menunjukkan hipnoterapi dan terapi musik efektif dalam menurunkan intensitas nyeri pada remaja dengan dismenore primer. Hipnoterapi dengan terapi musik dapat disarankan untuk diterapkan sebagai tindakan keperawatan komplementer untuk menurunkan intensitas nyeri pada remaja dengan dismenorea.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Nursing
ID Code:55820
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 Sep 2017 14:05
Last Modified:04 Sep 2017 14:05

Repository Staff Only: item control page