Hubungan antara Stres Kerja dengan Efektivitas Komunikasi Interpersonal Pasangan pada Karyawati di Bank Mega Kantor Cabang Area Jakarta Selatan

Nurdiani, Farisa, FN and Kristiana, Ika F., IFK (2017) Hubungan antara Stres Kerja dengan Efektivitas Komunikasi Interpersonal Pasangan pada Karyawati di Bank Mega Kantor Cabang Area Jakarta Selatan. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
188Kb

Abstract

Efektivitas komunikasi interpersonal pasangan adalah komunikasi yang dinilai mampu mencapai pengertian dan pemahaman yang sama antara istri dan suami, dimana isi informasi tersampaikan dengan sesuai, serta berlangsung dalam suasana yang menyenangkan. Stres kerja adalah respon fisiologis, psikologis, dan perilaku yang diakibatkan oleh stressor pekerjaan. Efektivitas komunikasi interpersonal dipengaruhi oleh stres kerja, dimana situasi stres akan membuat individu menimbulkan sikap negatif seperti tidak percaya dan curiga, menunjukkan sikap bermusuhan, dan interaksi negatif lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stres kerja dengan efektivitas komunikasi interpersonal pasangan pada karyawati di Bank Mega Kantor Cabang Area Jakarta Selatan. Subjek penelitian ini adalah karyawati Bank Mega yang sudah menikah. Sampel penelitian berjumlah 121 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengambilan data penelitian menggunakan Skala Stres Kerja (35 aitem valid; α = .91) dan Skala Efektivitas Komunikasi Interpersonal Pasangan (30 aitem valid; α = .93) yang telah diujicobakan pada 45 karyawati Bank Mega. Hasil uji korelasi Spearman menunjukkan adanya hubungan negatif antara stres kerja dan efektivitas komunikasi interpersonal pasangan yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi rxy = -.275 dengan p = .002 (p < .01). Hubungan negatif menunjukkan semakin tinggi stres kerja maka semakin rendah efektivitas komunikasi interpersonal pasangan, dan sebaliknya semakin rendah stres kerja maka semakin tinggi efektivitas komunikasi interpersonal pasangan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:55793
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:31 Aug 2017 13:55
Last Modified:31 Aug 2017 13:55

Repository Staff Only: item control page